Dimensy.id
R17

China Bikin Robot yang Bisa Mengubah Bentuk dari Padat menjadi Cair

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 03 April 2024, 13:14 WIB
China Bikin Robot yang Bisa Mengubah Bentuk dari Padat menjadi Cair
Demonstrasi, robot yang berubah bentuk menjadi cair saat keluar dari penjara mini/Net
rmol news logo Ilmuwan China berhasil membuat terobosan baru dalam bidang robotika dengan mengembangkan robot pengubah secara bolak-balik bentuk padat dan cair.

Robot yang dikembangkan para peneliti di The Chinese University of Hong Kong ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan T-1000, robot humanoid pengubah bentuk di film Terminator 2 produksi tahun 1991.

Dengan kemampuannya mengubah bentuk, robot ini mampu melalui berbagai rintangan dan lingkungan. Para peneliti mendemonstrasikan kemampuan robot tersebut dengan keluar dari penjara mini setelah mengubah bentuknya menjadi cair.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka mengambil sebagian inspirasinya dari teripang, hewan laut yang dapat mengubah kekakuan jaringannya untuk meningkatkan kapasitas beban dan membatasi kerusakan fisik.

Para peneliti membuat robot canggih tersebut dari galium, logam lunak dengan titik leleh 29,76 derajat Celcius.

Menurut para ilmuwan, mereka menanamkan campuran galium dengan partikel magnetik, yang menciptakan 'mesin transisi fase padat-cair magnetoaktif'.

“Partikel magnet di sini memiliki dua peran. Salah satunya adalah bahan tersebut membuat material responsif terhadap medan magnet bolak-balik, sehingga melalui induksi, dapat memanaskan material dan menyebabkan perubahan fasa," kata salah satu penulis proyek tersebut, seperti dikutip dari SupercarBlondie, Rabu (3/4).

Namun partikel magnet juga memberikan robot mobilitas dan kemampuan untuk bergerak sebagai respons terhadap medan magnet,” lanjutnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA