Dimensy.id
R17

Bersih-bersih Limbah di Orbit Bumi, Aeroscale Kirim Satelit ke Luar Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 Februari 2024, 10:52 WIB
Bersih-bersih Limbah di Orbit Bumi, Aeroscale Kirim Satelit ke Luar Angkasa
Pesawat luar angkasa ADRAS-J milik Astroscale/Net
rmol news logo Akumulasi limbah di orbit bumi akibat penerbangan luar angkasa selama beberapa dekade merupakan masalah yang semakin memprihatinkan.

Salah satu cara paling efektif untuk menangani sampah luar angkasa tersebut adalah dengan membatalkan orbitnya, atau memindahkannya ke tempat yang lebih rendah sehingga dapat terbakar di atmosfer bumi.

Pesawat luar angkasa ADRAS-J milik Astroscale, sebuah satelit demonstrasi yang dapat menginformasikan upaya pembersihan sampah luar angkasa di masa depan, kini telah berada di orbit untuk melakukan tugas tersebut setelah diluncurkan dari Selandia Baru pada Minggu (18/2) waktu setempat.

Mengutip Engadget, satelit itu dikirim ke luar angkasa dengan roket Electron dari Rocket Lab. Misinya, yang dipilih oleh badan antariksa Jepang (JAXA) untuk Tahap I program Demonstrasi Penghapusan Puing Komersial, akan menyaksikan ADRAS-J bertemu dengan roket tua Jepang yang telah mengorbit sejak 2009.

“ADRAS-J secara resmi bertugas dan siap bertemu dengan beberapa puing luar angkasa!” tulis Astroscale di X.

“Mari kita mulai era baru keberlanjutan ruang angkasa!," lanjutnya.

ADRAS-J akan menjadi yang pertama menargetkan puing-puing besar yang ada dan berupaya mendekati serta mengkarakterisasinya dengan aman, dengan mengandalkan data berbasis darat untuk mengetahui posisinya.

Selama beberapa bulan ke depan, ia akan mencapai target dan akhirnya mencoba mendekat untuk mengambil gambar dan menilai kondisinya guna menentukan apakah ia dapat dihilangkan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA