Dimensy.id
R17

Sambut Imlek, China Luncurkan Roket Pembawa Lima Satelit Berlogo Naga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 25 Januari 2024, 10:07 WIB
Sambut Imlek, China Luncurkan Roket Pembawa Lima Satelit Berlogo Naga
China meluncurkan roket pembawa komersial Lijian-1 Y/Net
rmol news logo China berhasil meluncurkan roket pembawa komersial Lijian-1 Y3 dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China pada Selasa siang (23/1), membawa lima satelit ke orbit yang telah ditentukan.

Kelima satelit tersebut adalah Taijing-1 03, Taijing-2 02 dan 04, Taijing-3 02 dan Taijing-4 03, terutama untuk penelitian ilmiah, wahana antariksa, dan survei lingkungan.

Peluncuran ini mencetak rekor baru dalam berbagai platform satelit dan teknologi muatan China.

Ada yang spesial dalam peluncuran Selasa, di mana pemerintah menambahkan logo Loong (Naga) tradisional China yang dirancang oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di roket untuk merayakan Tahun Baru Imlek yang akan datang.

CGTN melaporkan, misi tersebut dilakukan pada suhu serendah minus 20 derajat Celcius, yang semakin membuktikan kemampuannya di berbagai lingkungan.

Lijian-1 dikembangkan oleh Institut Mekanika Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS) dan CAS Space. Ia memiliki berat lepas landas 135 ton, daya dorong lepas landas 200 ton, panjang total 30 meter, diameter tahap inti 2,65 meter, dan daya dukung 1.500 kilogram untuk orbit sinkron matahari sepanjang 500 kilometer.

Roket pembawa berbahan bakar padat pertama kali diluncurkan pada Juli 2022, dan telah mengirimkan 37 satelit ke luar angkasa. Ini memiliki tingkat keberhasilan peluncuran 100 persen.

Misi tersebut merupakan peluncuran ketiga roket pembawa Lijian-1. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA