Dimensy.id
R17

Volume Penjualan Mobil Listrik China Berhasil Menyalip Pabrikan Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 November 2023, 16:37 WIB
Volume Penjualan Mobil Listrik China Berhasil Menyalip Pabrikan Jepang
SUV Seagull dari produsen mobil Tiongkok, BYD, menduduki peringkat kedua di seluruh dunia dalam penjualan kendaraan listrik untuk bulan Oktober/Net.
rmol news logo Volume penjualan global produsen kendaraan listrik asal China, BYD, pada bulan Oktober berhasil menyalip Nissan Motor.

Menurut laporan Nikkei, Kamis (30/11), penjualan BYD bulan lalu tumbuh 39 persen dari tahun sebelumnya menjadi 301,833 unit, mengalahkan kenaikan Nissan sebesar 5 persen dengan 279,102 kendaraan.

Nissan meluncurkan kendaraan listrik Ariya dan Sylphy di pasar China, namun persaingan dengan pembuat kendaraan listrik lokal menyebabkan perusahaan Jepang tersebut berkinerja buruk.

Sebaliknya, kendaraan listrik Seagull milik BYD, yang dibanderol dengan kisaran harga lebih rendah, merupakan kendaraan listrik terlaris kedua di seluruh dunia pada bulan Oktober setelah Model Y Tesla, menurut laporan firma riset MarkLines.

BYD melakukan serangan di semua rentang harga. Produsen mobil China tersebut pada bulan September merilis kendaraan sport U8 di bawah merek mewah Yangwang.

Melonjaknya penjualan BYD tidak lepas dari senjata ampuh mereka, daya saing biaya. Baterai, motor, dan komponen EV penting lainnya diproduksi sendiri, sehingga menghemat biaya dan mempercepat pengembangan.

Perusahaan China ini memulai ekspansi ke seluruh dunia, membangun pijakan di Asia Tenggara di mana mobil buatan Jepang menikmati pangsa pasar yang tinggi.

“Penjualan mobil kompak Dolphin EV sangat kuat di Thailand dan Brasil,” kata perwakilan anak perusahaan BYD di Jepang kepada Nikkei.

Saat ini BYD juga sedang bersiap memperluas jangkauannya di Jepang, karena produsen mobil Jepang menguasai 80 persen pangsa pasar. Perusahaan asal Chija tersebut mulai menjual SUV serba listrik di Jepang pada bulan Januari ini dan berencana membentuk jaringan 100 dealer di seluruh negeri.

Seri U8 melakukan debutnya di Jepang pada saat penyelenggaraan Japan Mobility Show pada bulan Oktober. BYD juga sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan seri Yangwang di pasar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA