Dimensy.id
R17

Taksi Terbang Joby Aviation Segera Mengudara di Langit Dubai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 November 2023, 09:59 WIB
Taksi Terbang Joby Aviation Segera Mengudara di Langit Dubai
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jika selama ini taksi terbang hanya ada di film-film fiksi ilmiah, kini kendaraan masa depan tersebut akan menjadi nyata dengan kehadiran electric vertical take-off and landing (eVTOL) buatan Joby Aviation di langit Dubai pada 2026.

Dubai menjadi salah satu kota pertama di dunia yang berkomitmen menggunakan taksi terbang atau eVTOL. Negara itu telah membangun vertiport atau landasan peluncuran di empat lokasi di seluruh emirat.

Dengan ruang yang cukup untuk seorang pilot dan empat penumpang, dan dengan perkiraan kecepatan hingga 322 kph, eVTOL tidak hanya dapat merevolusi perjalanan udara tetapi juga industri perjalanan secara umum.

Pabrik baru Joby Aviation yang akan dibangun dekat bandara di luar kota Dayton, akan mempekerjakan hingga 2.000 orang dan memproduksi 500 pesawat per tahun. Perusahaan berharap dapat meluncurkan penerbangan komersial pada tahun 2025.

Pemilihan Ohio sebagai pusat produksi tidak lepas dari sejarah, di mana pabrik pesawat pertama di Amerika dibangun oleh Orville dan Wilbur Wright di Dayton pada tahun 1910.

Beberapa tahun sebelumnya, Wright bersaudara menjadi orang pertama yang berhasil menerbangkan pesawat berawak di Kitty Hawk, North Carolina, mengubah jalannya sejarah manusia.

“Dayton memiliki sejarah yang luar biasa dalam dunia penerbangan – ini adalah tempat lahirnya dunia penerbangan di mana Wright bersaudara bekerja untuk mengembangkan dan menguji pesawat revolusioner mereka,” kata perwakilan Joby Aviation kepada The National.

Terlepas dari tradisi, Dayton dan kota-kota sekitarnya memiliki infrastruktur penerbangan yang sudah lama ada.

Pangkalan Angkatan Udara Wright-Patterson, yang merupakan tempat kerja tunggal terbesar di Ohio, telah menarik ekosistem perusahaan rintisan penerbangan dan kedirgantaraan serta perusahaan lain yang sedang berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Laboratorium Penelitian Angkatan Udara AS, fasilitas penelitian dan pengembangan militer utama yang berkantor pusat di pangkalan tersebut, telah memainkan peran penting dalam pengembangan taksi terbang.

“Kami menerima dukungan yang luar biasa di Ohio dari setiap tingkat komunitas. Kami memiliki sejarah di sini, bekerja di Ohio sejak tahun 2020 melalui kontrak kami (Departemen Pertahanan),” tambah perwakilan Joby Aviation.

“Tenaga kerja berbakat yang ada saat ini memainkan peran penting, begitu pula kemampuan kami untuk mengamankan lokasi di bandara, dengan fasilitas awal yang dibangun dan siap digunakan di dekat Wright-Patterson," lanjutnya.

Joby telah menguji pesawatnya bersama para insinyur NASA di Ohio selama bertahun-tahun. Di dekat Springfield, Angkatan Udara AS telah terlibat dalam pembangunan Pusat Keunggulan Mobilitas Udara Tingkat Lanjut Nasional yang baru, yang akan berfungsi sebagai rumah kerja bagi perusahaan-perusahaan dari Korea Selatan dan negara lain.

Saham perusahaan tersebut telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir sejak Administrasi Penerbangan Federal AS menyetujui taksi terbangnya untuk pengujian awal. Pada tahun 2020, perusahaan menerima pendanaan dari Jameel Investment Management Company milik Arab Saudi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA