Dimensy.id
R17

Ini Perbandingan iPhone 14 dan dan iPhone 15

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 14 September 2023, 15:31 WIB
Ini Perbandingan iPhone 14 dan dan iPhone 15
Ilustrasi/Net
rmol news logo iPhone 15 terbaru Apple telah hadir. Seri smartphone terbaru perusahaan mencakup empat model – iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Model dasarnya, iPhone 15 menggantikan iPhone 14 tahun lalu dengan berbagai peningkatan.

Ini termasuk pilihan warna baru, perubahan desain, Pulau Dinamis, kamera yang lebih baik, dan pengisian daya USB.

Namun, harga peluncuran model dasar jajaran iPhone 15 tetap tidak berubah.

Berikut daftar detail perbandingan kedua seri iPhone, seperti dikutip dari Gadget Now pada Kamis (14/9).


Harga peluncuran iPhone 15 tetap sama

Model dasar iPhone 14 128GB diluncurkan dengan harga Rp 14,8 juta. Varian 128GB iPhone 15 terbaru juga mulai dijual dengan harga yang sama.

iPhone 14 sekarang tersedia di situs resmi perusahaan dengan harga Rp 12,9 juta. Sementara itu, iPhone 15 Pro Max menjadi satu-satunya model di lineup yang diluncurkan dengan banderol harga lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.


iPhone 15 memperkenalkan pilihan warna baru

Sama seperti jajaran sebelumnya, Apple juga meluncurkan iPhone 15 dalam lima varian warna berbeda. Namun seri terbarunya menghadirkan dua warna baru, Pink dan Hijau.

Penting untuk dicatat bahwa iPhone 14 kini tersedia dalam enam warna saat Apple meluncurkan opsi Kuning beberapa bulan setelah peluncuran. Namun warna varian kuning iPhone 15 jauh lebih terang dibandingkan yang tersedia untuk iPhone 14.


Dynamic Island hadir di iPhone 15

Apple merevisi area notch dengan Dynamic Island di seri iPhone 14. Namun, fitur tampilan ini eksklusif untuk model Pro. Model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus terbaru juga akan mendukung Dynamic Island.

Area berbentuk pil pada layar iPhone tidak hanya menampung perangkat keras kamera tetapi juga berfungsi sebagai pusat notifikasi utama yang dapat berubah bentuk.

Selain itu, iPhone 15 hadir dengan layar Super Retina XDR 6,1 inci yang sama. IPhone terbaru juga mendukung kecerahan puncak 2000 nits yang dua kali lebih terang dari generasi sebelumnya.


Peningkatan desain besar-besaran

Untuk pertama kalinya di industri ponsel pintar, warna dimasukkan melalui kaca belakang iPhone 15. Kaca belakang telah diperkuat sebelum dipoles untuk menghasilkan hasil akhir matte bertekstur.

iPhone terbaru juga memiliki tepi berkontur baru pada aluminium kelas dirgantara dan sampul depan Ceramic Shield. iPhone 15 juga memiliki desain tahan air dan debu.


Chip lebih bertenaga

iPhone 15 hadir dengan chipset yang lebih bertenaga, A16 Bionic. Chip ini juga menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan A15 Bionic berbasis 5nm yang tersedia di model iPhone 14 dan iPhone 14 plus.

A16 Bionic menawarkan kinerja GPU yang lebih baik serta resolusi layar dan kecepatan transfer yang lebih tinggi.


iPhone 15 punya kamera utama hingga 48MP

Kamera utama 48MP yang eksklusif pada model iPhone 14 Pro juga telah disertakan pada iPhone 15 terbaru.

Ini mampu mengambil foto dengan 100% Focus Pixels untuk autofokus cepat dan resolusi tinggi 24MP kepada pengguna.

Kameranya juga Apple juga melakukan beberapa perbaikan pada mode Malam untuk menyertakan detail dan warna yang lebih tajam.

iPhone 15 juga memiliki fitur Smart HDR yang menjanjikan peningkatan rendering warna kulit, highlight yang lebih cerah, midtone yang lebih baik, dan bayangan yang lebih dalam.

Selain itu, iPhone 15 hadir dengan pengaturan kamera belakang ganda canggih yang juga menempel pada lensa ultra lebar 12MP.


iPhone 15 punya Telephoto 2x dari iPhone 14

Rentang zoom optik kamera iPhone 15 kini menjadi 4x, dibandingkan 2x pada iPhone 14.

IPhone terbaru juga dapat memotret menggunakan Fokus dan Kontrol Kedalaman yang menjanjikan detail lebih tajam.


Apple pasangkan iOS 17 untuk iPhone 15

iPhone 15 juga akan menjalankan sistem operasi iOS 17 secara langsung. Apple belum meluncurkan OS terbarunya untuk iPhone 14 dan model lama yang saat ini menggunakan iOS 16.

iOS 17 akan memperkenalkan beberapa perubahan seperti tata letak Layar Kunci baru, Pesan Suara Langsung, Jurnal, StandBy, dan fitur baru lainnya.


iPhone 15 punya port pengisi daya USB-C

iPhone terbaru kini mendukung konektor USB?C, standar yang diterima secara universal untuk mengisi daya dan mentransfer data, memungkinkan kabel yang sama untuk mengisi daya iPhone, Mac, iPad, dan AirPods Pro (generasi ke-2) yang diperbarui serta perangkat Android.

Sementara IPhone 14 akan terus menggunakan port Lightning klasik untuk pengisian daya dan transfer data.


iPhone 15 tidak punya slot SIM fisik

IPhone terbaru hanya menawarkan kompatibilitas eSIM dan tidak menyertakan slot SIM fisik seperti iPhone 14. Namun, model iPhone 15 akan tetap mendukung konektivitas 5G. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA