Dimensy.id
R17

Ilmuwan Israel Ciptakan Embrio Manusia Tanpa Rahim dan Sperma

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 September 2023, 13:29 WIB
Ilmuwan Israel Ciptakan Embrio Manusia Tanpa Rahim dan Sperma
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para ilmuwan di Institut Sains Weismann Israel telah menciptakan model embrio manusia dari sel induk di laboratorium, tanpa menggunakan sperma dan rahim.

Model tersebut menyerupai embrio pada hari ke-14, ketika embrio memiliki struktur internal tapi belum membentuk organ tubuh.

Terobosan ini telah diterbitkan oleh para ilmuwan di jurnal Nature pada pekan ini, seperti dimuat Reuters. Namun pra-cetaknya sudah terbit pada bulan Juni selama pertemuan tahunan Masyarakat Internasional untuk Penelitian Sel Punca (ISSCR) di Boston.

Tim Israel menekankan bahwa mereka masih jauh dari kemampuan untuk membuat embrio dari awal.

"Pertanyaannya adalah, kapan model embrio dianggap sebagai embrio? Ketika itu terjadi, kita tahu peraturannya. Saat ini kita benar-benar jauh dari titik itu," kata ketua tim Jacob Hanna.

Penelitian ini diharapkan dapat membuka pintu bagi cara-cara baru untuk menguji efek obat-obatan pada kehamilan, lebih memahami keguguran dan penyakit genetik, serta bahkan mungkin untuk menumbuhkan jaringan dan organ transplantasi.

"Tidak identik. Memang ada perbedaan dengan embrio manusia, tapi tetap saja ini pertama kalinya kalau buka atlas atau buku pelajaran bisa dibilang, iya aku benar-benar melihat kemiripannya," kata Hanna.

Dia mengatakan timnya mengambil sel induk yang berasal dari sel kulit manusia dewasa, serta sel lain yang dibiakkan di laboratorium, kemudian mengembalikan sel tersebut ke keadaan awal dengan potensi untuk berkembang menjadi jenis sel yang berbeda.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA