Dimensy.id
R17

China Punya Baterai Pengisian Daya Mobil Listrik Super Cepat di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 11:20 WIB
China Punya Baterai Pengisian Daya Mobil Listrik Super Cepat di Dunia
Karyawan CATL menjelaskan rincian baterai LFP selama peluncuran pekan lalu/Net
rmol news logo Pengisian daya yang lambat dan jangkauan kilometer yang terbatas membuat peminat mobil listrik berpikir dua kali untuk membelinya.

Sebuah perusahaan China Contemporary Amperex Technology Co., Ltd (CATL) berusaha memberikan solusi dengan menciptakan pengisian daya baterai super cepat pertama di dunia bernama lithium iron phosphate (LFP).

Mengutip The Star pada Senin (28/8), LFP buatan China itu diklaim mampu menempuh jarak 400 km setelah diisi hanya dalam 10 menit.

Bahkan menurut CATL, jika baterai terisi penuh, maka baterai LFP mampu menempuh jarak hingga 700 km.

"Dengan jarak yang jauh dan pengisian daya yang mudah, LFP akan mengantarkan era pengisian daya super cepat pada kendaraan listrik," jelasnya.

Kepala ilmuwan CATL, Wu Kai, mengatakan pembuatan baterai LFP diperkirakan akan dimulai tahun ini dan tersedia secara massal mulai kuartal pertama tahun 2024.

"Kita harus membuat teknologi canggih dapat diakses oleh semua orang dan memungkinkan semua orang menikmati hasil inovasi," ujar Kai.

China terkenal unggul di pasar baterai mobil listrik. Desember tahun lalu, CATL bahkan membuat pabrik produksi pertamanya di luar negeri, yakni di negara bagian Thuringia, Jerman. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA