Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA EROPA 2024

Gakpo dan Malen Bawa Belanda dari Munich ke Berlin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 03 Juli 2024, 00:59 WIB
Gakpo dan Malen Bawa Belanda dari Munich ke Berlin
Cody Gakpo dan Donyell Malen pastikan Belanda raih tiket perempat final usai menundukkan Rumania dengan skor telak 3-0 di Munich, Selasa malam WIB (2/7)/Net
rmol news logo Belanda menunjukkan kelasnya sebagai salah satu tim elite Eropa, juga dunia. Determinasi dan penguasaan bola yang kuat membuat Belanda mampu menekan pertahanan Rumania dengan maksimal di babak 16 Besar Piala Eropa 2024.

Sejumlah peluang pun segera didapat tak lama dari kick off. Di Munich Football Arena, Selasa malam (2/7), Belanda meraih peluang pertama lewat tembakan jarak jauh Xavi Simons pada menit ke-6. Sayang tembakannya ini masih bisa diamankan kiper Rumania, Florin Nita.

Rumania balas mengancam pada menit ke-14. Namun tendangan jarak jauh Dennis Man masih melenceng dari target.

Tak lama berselang, Belanda lagi-lagi mendapat peluang saat mendapat hadiah sepak pojok. Sundulan Nathan Ake yang menyambut umpan hanya melebar ke sisi kanan gawang.

Publik De Oranje akhirnya bersorak saat laga memasuki menit ke-25. Manuver apik Cody Gakpo di kotak penalti Rumania diselesaikan dengan sempurna melalui tendangan keras kaki kanan yang mengarah ke tiang dekat.

Keunggulan 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Meski sudah unggul 1-0, Belanda tampaknya enggan menurunkan tekanan mereka. Justru makin menggebu-gebu. Di awal babak kedua, pertahanan Rumania dipaksa bekerja keras menahan bombardiran serangan Belanda.

Uniknya, serangan yang dibangun Belanda tak hanya digagalkan oleh kiper Rumania, Florin Nita. Tapi juga oleh tiang gawang yang jadi bantuan "pemain bertahan" Rumania dalam menghalau serangan Belanda.

Seperti saat sundulan kapten tim Virgil van Dijk yang mengenai mistar gawang pada menit 58.

Gol kedua Belanda pun akhirnya datang juga melalui sepakan Gakpo dari jarak dekat pada menit 62. Namun gol ini dianulir karena dalam tangkapan video VAR, separuh badan penyerang Liverpool tersebut sudah berada dalam posisi offside.

Toh, dengan tekanan Belanda yang bergelombang, gol hanya menunggu waktu saja.

Dan itu terjadi pada menit 83. Kali ini Gakpo punya peran besar dalam gol yang dicetak Malen. Menerima umpan dari Memphis Depay, Gakpo melakukan penetrasi dari sisi kanan gawang Rumania. Dengan dribel apiknya, membawa bola tepat di atas garis gawang, Gakpo kemudian mengirim bola ke depan gawang Rumania yang langsung disambar Malen.

Pemain bernomor punggung 18 itu menambah koleksi golnya saat laga memasuki tambahan waktu. Dalam sebuah skema serangan balik, Malen melakukan solo run dari tengah lapangan dan mengakhirinya dengan sebuah tendangan keras mendatar yang gagal dihalau Nita.

Berkat kemenangan 3-0 ini, Belanda pun memastikan tampil di perempat final Piala Eropa 2024 yang akan digelar di Berlin pada Minggu mendatang (7/7).

Rumania 0-3 Belanda
(Gakpo 20', Malen 83, 90'+3)

Rumania: Florin Nita, Andrei Raciu, Radu Dragucin, Andrei Burc, Vasile Mogo (Bogdan Racovitan 38'), Marius Marin, Dennis Man, Nicolae Stanciu, Rzvan Marin, Ianis Hagi, Denis Draguc.

Belanda: Bart Verbruggen, Nathan Aké, Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Denzel Dumfries, Tijani Reijnders, Jerdy Schouten, Xavi Simons, Cody Gakpo, Memphis Depay, Steven Bergwijn. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA