Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA EROPA 2024

Tepis 3 Penalti Slovenia, Diogo Costa jadi Pahlawan Portugal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 Juli 2024, 04:58 WIB
Tepis 3 Penalti Slovenia, Diogo Costa jadi Pahlawan Portugal
Diogo Costa menepis tendangan Balkovec di babak adu penalti saat Portugal menghadapi Slovenia di babak 16 Besar, Selasa dinihari WIB (2/7)/Net
rmol news logo Laga melelahkan dilakoni Portugal saat menghadapi Slovenia di babak 16 Besar. Butuh lebih dari 120 menit bagi Seleccao untuk bisa memastikan tiket ke babak perempat final.  

Sejak menit awal laga di Waldstadion, Frankfurt, Selasa dinihari WIB (2/7), Portugal sudah langsung memiliki peluang. Namun sejumlah peluang ini gagal berbuah gol.

Bahkan, pada menit 13, sebuah peluang emas dimiliki Portugal. Umpan silang Bernardo Silva yang jatuh di belakang barisan pertahanan Slovenia terlambat disambar Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes.

Ronaldo kembali nyaris menjebol gawang Slovenia pada menit ke-34. Namun tembakan bebas Ronaldo hanya melambung tipis di atas gawang.

Slovenia tak hanya bisa bertahan, sebuah serangan balik berbahaya dilakukan Slovenia. Petar Stojanovic melakukan umpan tarik ke tengah kotak penalti Portugal, namun bola dapat disapu Nuno Mendes sebelum disambar Andraz Sporar.

Laga masih belum menghasilkan gol saat memasuki babak kedua, meski kedua tim mampu mengkreasikan sejumlah peluang.

Ronaldo yang belum mencatatkan golnya di Piala Eropa 2024 selalu menemui kegagalan setiap memiliki peluang. Seperti pada menit 55 saat bola tendangan kerasnya masih mampu ditepis Jan Oblak. Pun dengan tendangan dari jarak dekat pada menit 89 yang bisa langsung ditangkap Oblak.
 
Portugal benar-benar menemui jalan buntu untuk bisa mencetak gol. Alhasil pertandingan harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu karena hanya bisa berakhir 0-0 pada waktu normal 90 menit.

Dan, peluang emas pun akhirnya didapat Portugal saat laga memasuki menit 104. Pergerakan Diogo Jota harus dihentikan paksa oleh pertahanan Slovenia. Penalti untuk Portugal.

Ronaldo yang tampaknya ingin mencetak gol perdananya di Piala Eropa 2024 maju sebagai eksekutor. Sayang, hasratnya itu kandas oleh tangan Oblak. Tendangan yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil dimentahkan Oblak dengan sempurna.

Slovenia juga sempat mendapat peluang terbaiknya saat Sesko berhasil mencuri bola yang tidak dikuasai dengan baik oleh Pepe. Beruntung, Diogo Costa yang segera maju mampu mementahkan tendangan Sesko.

Pertandingan pun tetap 0-0 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Adu penalti pun digelar di Waldstadion, Frankfurt.

Slovenia yang mendapat kesempatan pertama mengirim Josip Ilicic sebagai eksekutor. Namun tendangannya berhasil ditepis Costa.

Sementara Ronaldo yang menjadi eksekutor pertama Portugal sukses membalas kegagalannya. Bola bersarang di pojok kanan bawah gawang Oblak.

Jure Balkovec yang maju sebagai eksekutor kedua Slovenia juga gagal menyarangkan bola. Sementara Bruno Fernandes sukses mengarahkan bola ke pojok gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Oblak.

Costa benar-benar tampil sebagai pahlawan Portugal di babak adu penalti. Untuk ketiga kalinya, Costa mampu menepis tendangan penalti pemain Slovenia. Membuat Benjamin Verbic hanya bisa gigit jari.

Dan, tiket perempat final Piala Eropa 2024 pun dipastikan oleh Bernardo Silva. Tendangan kerasnya membuat gawang Oblak bergetar untuk ketiga kalinya.

Portugal pun akan menantang Prancis pada babak perempat final yang digelar pada Sabtu mendatang (6/7).

Portugal 0-0 Slovenia;  Portugal menang 3-0 lewat adu penalti

Portugal: Costa; Cancelo, RĂºben Dias, Pepe, Nuno Mendes; Palhinha, Vitinha (Jota 65'), Bruno Fernandes; Rafael Leao (Conceicao 76'), Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva.

Slovenia: Oblak; Karnicnik, Drkusic, Bijol, Balkovec; Stojanovic (Verbic 86'), Elsnik, Cerin, Mlakar (Stankovic 74'); Sporar (Celar 74'), Sesko. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA