Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA EROPA 2024

Gol Bunuh Diri Vertonghen jadi Tiket Prancis ke Perempat Final

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 Juli 2024, 00:59 WIB
Gol Bunuh Diri Vertonghen jadi Tiket Prancis ke Perempat Final
Momen tendangan Kolo Muani memantul ke kaki Vertonghen dan berbuah gol bagi Prancis saat menghadapi Belgia di babak 16 Besar Piala Eropa 2024, Senin (1/7)/Net
rmol news logo Pertandingan sepak bola memang kerap membutuhkan keberuntungan. Bahkan, cukup satu kali keberuntungan yang didapat sudah mampu memberi hasil maksimal bagi sebuah tim.

Itulah yang didapat Prancis saat memastikan tiket babak perempat final Piala Eropa 2024 pada Senin malam WIB (1/7). Gol kemenangan Prancis diraih pada menit-menit akhir laga melalui insiden pantulan mematikan dari pemain belakang Belgia, Jan Vertonghen.

Bermain di Düsseldorf Arena, Senin (1/7), Prancis langsung mengambil inisiatif serangan. Sejumlah peluang pun segera didapat Les Bleus di menit-menit awal laga. Di antaranya tembakan Adrien Rabiot pada menit ke-2 yang melebar di sisi kiri gawang Belgia, dan tendangan jarak jauh Antoine Griezmann pada menit ke-10 masih mudah diamankan kiper Koen Casteels.

Tekanan Prancis pun terus berlanjut sepanjang paruh pertama. Namun, tak ada yang tepat sasaran.

Sementara Belgia terlihat berusaha memperkuat benteng mereka saat digempur pasukan Prancis, sambil mengintip peluang untuk melakukan serangan balik.

Strategi ini cukup merepotkan pertahanan Prancis. Namun, seperti halnya serangan Prancis, upaya Belgia juga kerap tak menemui sasaran.

Memasuki babak kedua, Belgia mulai lebih percaya diri untuk melakukan serangan dari berbagai sisi. Peluang emas pun didapat Romelu Lukaku dan Kevin de Bruyne.

Sayang, tendangan keras dua pemain senior The Red Devils itu mampu ditepis dengan baik oleh Mike Maignan.

Di sisi lain, Prancis juga belum mau berhenti menggedor kotak penalti Belgia. Namun, lagi-lagi, setiap serangan yang dirancang Kylian Mbappe cs tak mampu dimaksimalkan dengan sebuah gol. Sejumlah tendangan yang dilakukan skuad Prancis selalu mengarah ke luar gawang.

Keberuntungan bagi Prancis akhirnya tiba saat laga menyisakan 5 menit lagi. Dalam sebuah proses serangan, Kolo Muani yang menerima bola melakukan tendangan yang relatif pelan dan bisa mudah diantisipasi Casteels.

Akan tetapi, bola tendangan Muani membentur kaki Vertonghen dan membuat arah bola berbelok untuk kemudian menggoyang jala gawang Belgia.

Dengan sedikit waktu yang tersisa, termasuk tambahan waktu 3 menit, Belgia kesulitan untuk mendapatkan gol penyama kedudukan. Sehingga mereka hanya bisa tertunduk saat wasit meniup peluit panjang.

Sementara para pemain Prancis bersorak menyambut kepastian mereka tampil di perempat final Piala Eropa 2024.

Prancis 1-0 Belgia

(Vertonghen 85'-og)

Prancis: Mike Maignan, Jules Koundé, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernández, N'Golo Kanté, Aurélien Tchouaméni, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann, Marcus Thuram, Kylian Mbappé.

Belgia: Koen Casteels, Arthur Theate, Jan Vertonghen, Wout Faes, Timothy Castagne, Yannick Carrasco, Amadou Onana, Kevin De Bruyne, Jérémy Doku, Romelu Lukaku, Loïs Openda. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA