Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA EROPA 2024

Preview Belanda Vs Prancis: Mumpung Raksasa sedang Pincang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 21 Juni 2024, 17:51 WIB
Preview Belanda Vs Prancis: Mumpung Raksasa sedang Pincang
Belanda harus bisa memanfaatkan momen ketika Prancis tak bisa menurunkan Kylian Mbappe yang mengalami patah hidung/Net
rmol news logo Kemenangan yang diraih Belanda maupun Prancis di matchday 1 Grup D tentu menjadi modal penting ketika dua tim elite Eropa ini berhadapan di Leipzig Stadium, Sabtu dinihari WIB (22/6) nanti. Dua semangat besar tentu akan menyajikan pertandingan menarik di atas lapangan.

Prancis boleh jadi sedikit lebih unggul, kalau melihat data hasil 8 pertemuan terakhir mereka. Di mana Les Bleus menang dalam 7 dari 8 laga tersebut. Termasuk saat keduanya berhadapan di babak kualifikasi.

Namun demikian, kondisi dulu dengan sekarang tentu juga berbeda. Prancis bagaimanapun akan sedikit pincang dengan kondisi sang jurugedor andalan Kylian Mbappe yang mengalami patah hidung saat menghadapi Austria.

Meskipun sudah memakai topeng pelindung saat bermain, andai diturunkan pelatih Didier Deschamps, performa Mbappe tentu akan berbeda. Bagaimanapun pasti ada rasa trauma ketika dirinya harus berduel dengan lawan.

"Ketika kami menang di babak kualifikasi, mereka kehilangan lima hingga enam pemain kunci. Saat ini tentu kondisinya berbeda, dan itu terbukti dengan hasil yang mereka raih kemudian. Mereka akan jadi tim yang jauh lebih kuat dibanding tim yang kami hadapi di babak kualifikasi," ucap Deschamps, dikutip dari laman resmi UEFA, Jumat (21/6).

"Kami telah meraih target kemenangan pada laga pertama, kini meski berhadapan dengan Belanda, target tetap menang dan lolos (ke babak berikutnya)," sambungnya.

Prancis memang tak bisa menilai Belanda yang tampil di Piala Eropa ini sama dengan tim yang mereka kalahkan di babak kualifikasi. Performa yang ditunjukkan De Oranje saat menggasak Polandia dengan skor 2-1 adalah sinyal yang harus diwaspadai pasukan Les Bleus.

Apalagi Belanda juga punya sejumlah penyerang hebat yang telah membuktikan diri mampu menciptakan banyak peluang ke gawang Polandia.

"Jika Anda menang di laga pertama, itu memberikan ketenangan dan kepercayaan. Dan kami butuh itu semua saat menghadapi tim kuat, Prancis, yang banyak kami hadapi dalam beberapa tahun belakangan," kata pelatih Belanda, Ronald Koeman.

Untuk itu, Koeman pun mengaku sudah melakukan evaluasi terkait penampilan skuad asuhannya pada matchday 1 lalu.

"Kami harus bermain dengan keberanian. itu akan menjadi kunci. Kami harus berani mengambil inisiatif," tegasnya.

Belanda harus bisa memanfaatkan momen saat Prancis yang harus kehilangan Mbappe dalam laga nanti. Setidaknya, kerja Van Dijk cs di lini pertahanan tak akan serepot biasanya. Inilah yang harus dimanfaatkan untuk mendukung lini depan agar Belanda mampu memaksimalkan setiap peluang yang dikreasikan.

Prediksi line-up:

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké; Reijnders, Schouten, Veerman; Simons, Depay, Gakpo

Prancis: Maignan; Koundé, Saliba, Upamecano, Hernández; Dembélé, Kanté, Tchouaméni, Rabiot; Griezmann, Thuram. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA