Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menyusul TNI, Polri Rotasi 6 Kapolda Jelang Pilkada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 27 Juli 2024, 15:32 WIB
Menyusul TNI, Polri Rotasi 6 Kapolda Jelang Pilkada
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Ist
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi 157 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen). Dari jumlah tersebut, ada enam jabatan Kapolda dimutasi.

Rotasi dan mutasi tersebut teregister dalam Surat Telegram Nomor ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2024 yang ditandatangani oleh As SSDM Polri, Irjen Dedi Prasetyo.

Pertama, Kapolda Bangka Belitung yang sebelumnya dijabat Irjen Tornagogo Sihombing kini digantikan oleh Irjen Hendro Pandowo. Irjen Hendro sempat menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat dan juga Wakapolda Metro Jaya. 

Kedua, Kapolda Maluku yang sebelumnya diemban Irjen Lotharia Latif kini dijabat Irjen Eddy Sumitro Tambunan.

Ketiga, Kapolda Jawa Tengah yang sebelumnya dijabat Irjen Ahmad Luthfi kini digantikan Brigjen Ribut Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri. 

Artinya, Brigjen Ribut akan naik pangkat satu tingkat menjadi Inspektur Jenderal. Sementara Irjen Ahmad Luthfi akan menjabat sebagai Pati Itwasum Polri penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Keempat, Kapolda Bali yang sebelumnya dijabat Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra kini digantikan oleh Irjen Daniel Aditya Jaya. Irjen Daniel sebelumnya menjadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara).

Kelima, Kapolda Kaltara yang ditinggal Irjen Daniel akan diisi oleh Irjen Hary Sudwijanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri. 

Keenam, Kapolda Bengkulu. Polda Bengkulu yang sebelumnya dipimpin Irjen Armed Wijaya akan diganti oleh Brigjen Pol Anwar yang sebelumnya menjabat Karo Watpers SSDM Polri.

Rotasi dan mutasi enam Kapolda ini dilakukan semata-mata demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, meski dilakukan jelang Pilkada Serentak pada bulan November 2024 nanti.

"Mutasi di lingkup Polri dalam rangka promosi, masa purna, tour of area, dan Kapolda. Ini dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Sabtu (27/7).

Mutasi Polri ini keluar tak lama setelah hal yang sama dilakukan di jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 dan hasil sidang Wanjakti Tahun Anggaran 2024 pada 18 Juli 2024, ada 256 Pati TNI tiga matra dimutasi dan dipromosi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA