Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 26 Juli 2024, 03:58 WIB
Bersama NCS Polri, Masyarakat NTB Kompak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024
Direktur Pembinaan dan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri sekaligus Kasatgas Preemtif Ops NCS Polri, Brigjen M Rudy Syafirudin, memberikan secara simbolis 1.000 paket sembako untuk masyarakat NTB, Kamis (25/7)/Dok NCS Polri
rmol news logo Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan serta elemen masyarakat lain di Nusa Tenggara Barat (NTB) mengapresiasi langkah Operasi Nusantara Cooling System (Ops NCS) Polri dengan menggelar silaturahmi Kamtibmas dan Bakti Sosial di Lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB, Kamis (25/7).

Sebanyak 500 masyarakat yang hadir langsung di Mapolda NTB maupun yang melalui daring, sepakat untuk terus menjaga Pilkada Serentak 2024 bisa berjalan lancar, aman, damai, tertib, dan sejuk di Kota Sejuta Masjid ini. Selain mengadakan audiensi, Ops NCS Polri juga menggelar bakti sosial dengan membagikan bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako.

"Menyampaikan kegiatan kita baksos pembagian 1.000 paket sembako untuk meringankan beban masyarakat di NTB, di mana kegiatan ini selaras dengan arahan bapak Kapolri, pendinginan di tempat-tempat berlangsungnya Pilkada Serentak 2024," kata Direktur Pembinaan dan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen M Rudy Syafirudin, selaku Kasatgas Preemtif Ops NCS Polri kepada wartawan, Kamis (25/7).

Rudy merasa senang bisa bersilaturahmi langsung dengan para tokoh-tokoh masyarakat di NTB. Pasalnya, selain dapat memberikan imbauan-imbauan kamtibmas agar pilkada serentak bisa berjalan dengan aman dan damai, Ops NCS Polri juga mendapatkan masukan-masukan. 

"Tadi banyak masukan dan pertanyaan yang cukup bagus, tentu kita akan akomodir. Tentunya kita ingin bersama-sama menjaga kondusifitas baik pada menjelang, saat pelaksanaan, hingga akhir tahapan pilkada berakhir," ucap Rudy.

Ia mengakui bahwa Polri tidak dapat bekerja sendiri untuk memelihara kamtibmas selama pelaksanaan pilkada berlangsung. Menurutnya, pelaksanaan pilpres dan pileg kemarin bisa berjalan aman, damai, tertib, tanpa perpecahan itu berkat bantuan masyarakat Indonesia.

"Para Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, dan elemen masyarakat lainnya sangat membantu Polri untuk menyampaikan suksesnya Pemilukada 2024, seperti pada pilpres kemarin, masyarakat sudah berperan aktif menyuarakan pemilu damai sehingga berjalan dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi NTB, Buya Muhammad Subeki Sasaki mengatakan, kurang lebih 500 masyarakat hadir dan seluruh pengurus berkomitmen penuh untuk menjaga pilkada serentak berjalan dengan lancar. Silaturahmi Kamtibmas dan Baksos ini menjadi tempat berbagi kewajiban dalam mengawal pilkada yang berlangsung pada November mendatang.

"Kewajiban kita untuk mengawal dan tahapan pilkada serentak, kondusifitas di NTB terjamin dan seluruh aktivitas tidak terganggu dan tidak menimbulkan masalah dan konflik sosial. Ini acara luar biasa, Polri sudah melakukan yang terbaik untuk masyarakat untuk antisipasi pilkada serentak," tutur Buya Muhammad.

Sebagai ketua dari forum yang menaungi 6 agama, dirinya menyerukan agar para tokoh agama tidak hanya memimpin umatnya di tempat-tempat ibadah. Namun juga memiliki kewajiban dalam menciptakan kondusifitas di daerahnya masing-masing.

Sedangkan perwakilan organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus NTB, Hermawan Jayadi, menyebut akan membantu Polri dalam menjaga kondusifitas di NTB baik menjelang hingga akhir pelaksanaan pilkada serentak.

"Kami mengajak semua elemen masyarakat bersama mendukung Polri agar pilkada ini bisa berjalan lancar, aman dan damai," ujarnya.

Senada dengan FKUB Provinsi NTB dan kelompok Cipayung Plus NTB, Wakil Ketua FKUB Kota Mataram, I Wayan Wirata menilai bahwa yang disampaikan Brigjen Rudy Syafirudin sangat baik untuk kerukunan dalam berbangsa dan bernegara. Untuk itu, niat baik dari Operasi NCS harus didukung sepenuhnya.

"Saya menyampaikan rasa apresiasi dan inovasi yang betul-betul bermakna apa yang disampaikan Kasatgas dalam menegakkan keadilan keamanan untuk mencapai suatu kedamaian. Karena dalam konsep kerukunan damai dengan manusia, damai dengan tuhan dan damai dengan lingkungannya," paparnya.

Usai Silaturahmi Kamtibmas, Brigjen Rudy bersama para tokoh masyarakat melepas sebanyak 220 anggota Bhabinkamtibmas bermotor untuk menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat di pulau Lombok. Pada acara tersebut turut hadir Dirbinmas Polda NTB Kombes Dessy Ismail mewakili Kapolda Irjen Umar Faroq. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA