Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

7 Polwan Jadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 11 Juni 2024, 10:03 WIB
7 Polwan Jadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko/Ist
rmol news logo Sebanyak 7 polisi wanita (Polwan) dikirim ke Arab Saudi untuk menjadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pengiriman ini sebagai langkah Polri yang menjadi bagian tugas dan fungsinya sebagai Linjam (Perlindungan Jemaah).

Adapun ketujuh Polwan yang diberangkatkan berasal dari Lemdiklat Polri, SSDM Polri, Polda Jawa Tengah, Baharkam Polri hingga Polda Metro Jaya.

"Pengiriman personel Polri sebanyak 7 Polwan adalah bentuk nyata Polri melindungi para jemaah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci," kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/6).

Setibanya di Tanah Suci, mereka akan bertugas melayani jemaah haji WNI, di antaranya mengantar jemaah yang tersesat kembali ke hotel. Kemudian memberi tahu jemaah orientasi wilayah masjid (pintu masuk, WC, wudu, area salat), tempat belanja, tempat makan, ATM, money changer, dan lainnya.

Selain itu, Polwan juga bertugas mengantar jemaah ke Raudah, membantu jemaah mencarikan kursi rodanya yang hilang, memberikan pelayanan kesehatan, mengatur dan mengamankan area masuk Raudah supaya tidak ada penyusup dan melakukan tindakan preventif cuaca panas di antrean Raudah, serta membantu jemaah yang sakit kembali ke hotel.

"Tugas Polwan juga bekerja sama dengan tim kesehatan membantu jemaah yang pingsan, memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah yang kakinya melepuh, membantu jemaah lansia yang terpisah di masjid supaya bertemu kembali dengan keluarganya, membantu mengoperasionalkan alat komunikasi jemaah dan membantu jemaah yang diamankan Askar," kata Trunoyudo.

Berikut 7 Polwan yang berangkat menjadi PPIH:

1. AKP Niswah Wara Pratidina (Pamin Subbagdayapolwan Baggasus Robinkar SSDM Polri)

2. Iptu Rasmawar (Pamin Ur Ren Subbag Renmin Sebasa Lemdiklat Polri)

3. Brigadir Restu Fitri Adryan (Bhaminlak Baglekdik Rodalpers SSDM Polri)

4. Iptu Erny Setyawati  (Ps Pamin Subbagsiunlurja Bagkhirdin Rowatpers SSDM Polri)

5.  Bripti Diah Kumalasari (Bahminlak Polda Jateng)

6. Iptu Ruli Diani (Ps Paur Sifaswasjaspam Ditpotmas Baharkam Polri)

7. Iptu Elfi Ryany (Ditreskrimum Polda Metro Jaya). rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA