Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

1.626 Personel Amankan Demo Tolak Tapera di Monas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 06 Juni 2024, 11:02 WIB
1.626 Personel Amankan Demo Tolak Tapera di Monas
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro/Ist
rmol news logo Sebanyak 1.626 personel gabungan siap mengamankan demo Partai Buruh dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kamis (6/6) siang ini, di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Hari ini kami siap mengamankan warga menyampaikan pendapat, kami turunkan 1.626 personel yang nantinya akan dibagi di beberapa titik pengamanan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, dalam keterangan resmi.

Menurut dia, untuk rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Jika diperlukan akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Kami imbau masyarakat yang akan melintas kawasan Monas agar mencari jalan alternatif," ujar Susatyo.

Kepada para pengunjuk rasa, Susatyo berpesan agar dalam menyampaikan pendapat di muka umum juga harus memperhatikan hak-hak masyarakat lain, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi, agar semua kegiatan berjalan aman dan kondusif.

Dia memastikan seluruh personel yang bertugas tidak membawa senjata api.

"Seluruh personel tidak ada yang membawa senjata api. Tidak ada gerakan lain, perintah dan kendali ada pada saya sebagai Kapamwil. Selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, melayani dan humanis," tutupnya.

Pada demo ini buruh menuntut beberapa hal, seperti penolakkan PP Tapera, tolak Uang Kuliah Tunggal (UKT), tolak KRIS BPJS Kesehatan, tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, dan meminta pemerintah menghapus outsourcing tolak upah murah.

Aksi dipimpin Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA