Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korlantas Survei Tol Jawa Tengah Jelang Operasi Ketupat 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 26 Januari 2024, 02:33 WIB
Korlantas Survei Tol Jawa Tengah Jelang Operasi Ketupat 2024
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhanan, di Semarang, Jawa Tengah/Ist
rmol news logo Korps Lalu Lintas Polri mulai melakukan survei Tol Jawa Tengah jalur Semarang - Salatiga dan Solo-Yogyakarta  untuk kesiapan Polda Jawa Tengah pada Operasi Ketupat 2024.

"Hari ini kita melaksanakan survei kesiapan untuk pengamanan Operasi Ketupat Libur Idulfitri Tahun 2024, dan mendapatkan presentasi dari Dirlantas Polda Jawa Tengah tentang kesiapan Polda Jawa Tengah menghadapi Libur Idul Fitri," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhanan, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/1).

Kesiapan sendiri mulai dari personel, operasional, pemetaan trouble spot, black spot, dan cara bertindak (CB) yang akan dilakukan menjelang libur Idulfitri.

"Ada beberapa trouble spot yang mungkin kita antisipasi untuk di jalan tol, rest area, masih menjadi titik trouble spot yang akan terjadi pelambatan bahkan kepadatan di sana," kata Aan.

Belajar dari pengalaman Operasi Lilin Jaya, pengaturan arus lalu lintas di rest area juga menjadi perhatian, mengingat diperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan dan terbatasnya kapasitas parkir.

"Rest area ini sangat terbatas kapasitas parkirnya, kita perlu melakukan pengaturan arus lalu lintas di dalam rest area kemudian perlu ada penambahan area parkir dan perlu mengatur lamanya waktu beristirahat di rest area," kata Aan.

Sementara itu, untuk antisipasi aktivitas pada rest area yang menjadi titik atau trouble spot terjadinya perlambatan, serta terjadinya bottle neck di beberapa ruas jalan di Semarang dan sekitarnya.

Oleh karenanya, Aan mengungkapkan, rencana rekayasa lalu lintas di tol yang akan diberlakukan berupa one way.

Terakhir, Aan mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menyiapkan kesehatan dan kondisi fisik yang prima.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA