Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Ancaman Terorisme Jelang Nataru, Polda Lampung Tingkatkan Deteksi Dini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 21 Desember 2023, 16:47 WIB
Antisipasi Ancaman Terorisme Jelang Nataru, Polda Lampung Tingkatkan Deteksi Dini
Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika/RMOLLampung
rmol news logo Ancaman terorisme menjadi hal yang harus diwaspadai masyarakat dan aparat selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Demikian disampaikan Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, pada apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat "Lilin Krakatau 2023" di Mako Brimobda Lampung Rawalaut, Kamis (21/11).

Kegiatan apel ini dilakukan untuk memastikan kehadiran negara, sehingga setiap kegiatan ibadah di tengah masyarakat dapat berjalan dengan aman dan damai.

"Untuk mengantisipasi ancaman terorisme, perlu mengedepankan deteksi dini untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksi terornya," kata Irjen Helmy, dikutip Kantor Berita RMOLLampung, Kamis (21/12).

Dia melanjutkan, polisi juga diharapkan turut serta melakukan penjagaan ketat di pusat-pusat keramaian, maupun tempat-tempat ibadah.

Dengan adanya peran kepolisian selama Nataru diharapkan dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun pergantian tahun baru.

"Harapan saya personel kepolisian dapat melakukan pengamanan di setiap kegiatan keramaian secara optimal," tegasnya.

Irjen Helmy juga berharap jajarannya dapat menjalankan tugas dengan maksimal menjelang Nataru. Juga meningkatkan pengawasan distribusi bahan peledak komersial maupun petasan agar kegiatan Nataru berjalan dengan aman.

Dia juga menegaskan jajarannya untuk memetakan daerah-daerah rawan kejahatan, serta pemukiman sosialisasikan kepada masyarakat. Selain itu, di pelabuhan serta lokasi wisata alam dan diharapkan untuk ditingkatkan juga edukasi kepada masyarakat.

"Saat bencana alam siapkan tim tanggap bencana rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung pada jalur rawan longsor," tuturnya.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, potensi pergerakan masyarakat pada masa Nataru diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, atau meningkat sebesar 143,65 persen atau 63,46 juta orang.

"(Meningkat) Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, selain itu perayaan Natal tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024," tutup Irjen Helmy. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA