Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Termasuk Pergantian 5 Kapolda, Polri Mutasi Ratusan Pamen dan Pati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 08 Desember 2023, 00:33 WIB
Termasuk Pergantian 5 Kapolda, Polri Mutasi Ratusan Pamen dan Pati
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pergantian jabatan kembali dilakukan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terhadap  ratusan perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati). Berdasarkan dua Surat Telegram bernomor ST/2749/XII/KEP./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023 tertanggal 7 Desember 2023, total ada 535 personel yang dimutasi dan dirotasi.

Dari ratusan personel tersebut, terdapat 5 Kepolisian Daerah (Kapolda) yang mengalami pergantian pimpinan. Yakni Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Kapolda Papua Barat, dan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Kapolda Sulsel yang dijabat Irjen Setyo Budi Moempoeni Harso kini digantikan Irjen Andi Rian Djajadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalsel. Adapun pengganti Irjen Andi Rian adalah Irjen Winarto yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri (penugasan pada BIN).

Lalu Kapolda NTT Irjen Johanis Asadoma dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri. Sebagai pengganti ditunjuk Irjen Daniel Tahi Monang yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua Barat.

Pengganti Irjen Daniel adalah Brigjen Johnny Eddizon Isir yang sebelumnya menjabat Karojianstra Sops Polri. Lalu jabatan Kapolda Kepri yang dijabat Irjen Tabana Bangun digantikan oleh Brigjen Yan Fitri Halimansyah yang sebelumnya menjabat Karosundokinfokum Divkum Polri.

Selain jabatan Kapolda, ada dua jabatan tinggi lainnya yang mengalami pergantian. Yakni Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Aan Suhanan yang sebelumnya menjabat Dirgakkum Korlantas Polri.

Lalu jabatan Kadensus 88 Antiteror Polri berganti dari Irjen Marthinus Hukom kepada Brigjen Sentot Prasetyo. Irjen Marthinus akan menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pergantian jabatan juga berlaku untuk Wakapolda. Seperti Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Abioso Senoaji, kini diangkat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk.I Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes Agus Suryonugroho.

Wakapolda Jambi Brigjen Yudawan Roswibarso dimutasi sebagai Wakapolda Kalimantan Timur. Jabatan Wakapolda Jambi kini dipercayakan kepada Brigjen Edi Mardianto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumatera Barat.

Lalu, jabatan Wakapolda Sumatera Barat dipercayakan kepada Brigjen Gupuh Setiyono, yang sebelumnya sebagai Karoprovos Divpropam Polri. Posisi Puguh di Divpropam Polri digantikan oleh Kombes Sumarto.

Selanjutnya, Brigjen Raden Slamet Santoso yang semula menjabat Wakapolda DIY diangkat sebagai Dirgakkum Korlantas Polri.

Dalam mutasi dan rotasi kali ini juga menyertakan 4 polisi wanita (polwan). Yaitu Kombes Nurul Azizah dipromosikan menjadi Dirprogsarjana STIK, Kombes Emi Sumijati dipromosikan menjadi Karo SDM Polda DIY, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menjadi Wakapolres Metro Tangerang, dan AKBP Herlina dipromosikan menjabat Kapolres Magelang.

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo, membenarkan perihal mutasi dan rotasi yang dilakukan.

"Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi Polri. Pergantian dilakukan kepada personel memasuki masa purnabakti. Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area sekaligus fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru, serta menjaga harkamtibmas," jelas Dedi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA