Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Pembunuhan, Ini Penyebab Anak Perwira TNI AU Tewas di Lanud Halim Perdanakusuma

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 24 November 2023, 09:44 WIB
Bukan Pembunuhan, Ini Penyebab Anak Perwira TNI AU Tewas di Lanud Halim Perdanakusuma
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Leonardus Simarmata/Net
rmol news logo Tidak ada unsur pidana dalam peristiwa kematian anak perwira menengah (Pamen) TNI AU inisial CHR (16), yang tewas terbakar di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Minggu malam (24/9).

Hal tersebut disampaikan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Leonardus Simarmata saat menyampaikan hasil terhadap laporan polisi nomor LP/A/31/IX/2023/SPKT Polsek Makassar/Polres Metro Jakarta Timur/PMJ tanggal 24 September 2023.

"Hasilnya tidak ditemukan adanya peristiwa pidana," kata Leonardus Simarmata dalam keterangannya, Jumat (24/11).

Disampaikan Leo, dari bukti yang ada CHR meninggal dunia bukan karena dibunuh lalu dibakar seperti isu yang beredar, melainkan menusuk dirinya sendiri. Dari hasil otopsi, ada beberapa luka tusuk yang sangat fatal ditemukan pada tubuh korban.

Meski begitu, Leo tidak memberikan jawaban tegas apakah korban bunuh diri sebab mengedepankan empati terhadap keluarga korban dan tugas penyidik bukan hanya mengutarakan fakta yang ada.

"Terkait dengan apakah (korban) menusuk sendiri dan lainnya. Betul, jadi semua alat bukti yang ada di TKP itu menguatkan peristiwa tersebut," kata Leonardus.

Fakta ini diperkuat usai polisi melakukan gabungan dengan melibatkan Puslabfor, terdiri dari Kimbiofor dan Fiskomfor, Psikologi Forensik dan Kedokteran Forensik, serta memeriksa puluhan saksi.

Tidak adanya unsur pidana diperkuat dengan hasil pemeriksaan tim Kimia Biologi Forensik yang menunjukkan tidak ada bercak darah di Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan tidak ditemukan jejak DNA orang lain di lokasi kejadian.

"Hasil dari fisik komputer forensik atau fiskomfor, yang pertama, ditemukan adanya bahan bakar bensin di TKP, kedua tidak ada alat bakar lain selain bensin. Tiga, dari handphone milik korban belum ditemukan sesuatu yang ganjil," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA