Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabaharkam Pastikan 1.679 Personel Pamwal Rolakir Siap Diterjunkan Selama KTT ke-43 ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 14:00 WIB
Kabaharkam Pastikan 1.679 Personel Pamwal Rolakir Siap Diterjunkan Selama KTT ke-43 ASEAN
Kabaharkam Polri, Komjen Fadil Imran, memeriksa kesiapan petugas di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/8)/Ist
rmol news logo Sebanyak 1.679 personel Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap diterjunkan sebagai Pengamanan Pengawalan Pengaturan Rute, Lalu Lintas, dan Parkir Kendaraan (Pamwal Rolakir) selama KTT ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Jumlah tersebut dipastikan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Fadil Imran, saat memimpin apel di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

Personel yang diturunkan merupakan gabungan dari Ditlantas Polda Metro Jaya, Ditlantas Polda Banten, Ditlantas Polda Jawa Barat, dan beberapa Polda lainnya.

Keberadaan Pamwal Rolakir sendiri sebagai wujud kesiapan awal pengamanan KTT ke-43 ASEAN. Salah satu tugas yang diberikan kepada Polri adalah pengamanan pengawalan rute dan parkir yang berada di bawah satgas operasi di Tri Brata Jaya.

"Sebagai kasatgas hari ini kami ingin memastikan bahwa persiapan personel, kesiapan perlengkapan, siap untuk mengawal jalannya ASEAN Summit ke-43," ucap Fadil.

Selain personel, kendaraan patroli dan pengawalan juga dilibatkan. Yaitu Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Paspampres 60 roda empat listrik dan 66 roda dua listrik. Sementara untuk delegasi ada 35 roda empat fosil dan 25 roda dua fosil.

Tak hanya itu, Fadil menambahkan, dalam kegiatan KTT ASEAN nanti, Polri juga memberikan bantuan personel yang akan melakukan pengawalan VVIP atau ketua delegasi pimpinan negara. Para personel ini akan berkoordinasi dan melekat dengan Paspampres. Sebanyak 176 anggota lalu lintas plus kendaraannya akan berada di bawah kendali Paspampres untuk melakukan pengawalan terhadap VVIP.

Dengan kesiapan personel dan kendaraan yang optimal, Fadil berharap kegiatan KTT ke-43 ASEAN dapat terselenggara dengan baik. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA