Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diterapkan Serentak, Lintasan Baru Pembuatan SIM C Mudahkan Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 07 Agustus 2023, 17:45 WIB
Diterapkan Serentak, Lintasan Baru Pembuatan SIM C Mudahkan Masyarakat
Praktik ujian SIM/Net
rmol news logo Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengeluarkan kebijakan lintasan uji pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C baru. Lintasan angka 8 dan zig zag dihapus dan diganti dengan lintasan huruf S.

Menindaklanjuti kebijakan baru Korlantas Polri itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh menggelar launching lapangan uji praktek SIM kendaraan roda dua terbaru itu.

“Kebijakan Korlantas Polri ini diterapkan serentak pada hari hari ini di seluruh Indonesia,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Senin (7/8).

Kombes Iqbal menjelaskan kepada para tamu dan undangan kegiatan tersebut. Selain dihapusnya lintasan angka 8 dan zig zag, Iqbal mengatakan ujian praktek SIM baru tetap mengakomodasi materi ujian yaitu keseimbangan U Turn lintasan S dan reaksi rem yang disatukan menjadi satu kesatuan dari yang sebelumnya berdiri sendiri. Kombes Iqbal melanjutkan, ujian juga diharapkan mempermudah peserta.

“Lintasan sebelumnya lebar 1,5 menjadi 2,5 lebar kendaraan. Untuk ujian teori masih tetap dilaksanakan namun akan diberikan panduan materi sebelum ujian teori,” lanjutnya.

Selain poin tersebut di atas, kebijakan yang baru adalah bagi yang tidak lulus ujian praktik akan diberikan pelatihan. Mantan Kabid Humas Polda Jateng itu berharap adanya ujian praktik yang lebih mudah ini, masyarakat secara sadar mengikuti proses pembuatan SIM secara utuh.

“Tidak melalui calo,” ungkapnya.

Kombes Iqbal menyebut peserta yang mengikuti uji coba lapangan praktik pembuatan SIM itu merasa senang dan puas karena lapangan baru lebih simpel dan mudah namun tetap tidak mengurangi kompetensi calon pemohon SIM.  

Kegiatan launching lapangan uji praktik SIM kendaraan roda 2 itu digelar Senin (7/8) dimulai sekira pukul 09.00 WIB sampai selesai di Lapangan Apel Sat PJR Ditlantas Polda Aceh.

Selain dihadiri pejabat Polda Aceh, kegiatan juga dihadiri pihak eksternal di antaranya Dinas Perhubungan setempat, PT. Jasa Raharja, klub motor dan mobil, pimpinan dealer, komunitas ojek online dan klub motor hingga para pelajar SMA di Banda Aceh. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA