Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemilu, Kapolres Jepara Ingatkan Bhabinkamtibmas Selalu Bersikap Humanis dan Komunikatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 01:38 WIB
Jelang Pemilu, Kapolres Jepara Ingatkan Bhabinkamtibmas Selalu Bersikap Humanis dan Komunikatif
Kapolres Jepara AKBP, Wahyu Nugroho Setiawan, bersama Bhabinkamtibmas jajaran Polres Jepara/Ist
rmol news logo Dalam rangka persiapan memasuki tahapan pemilu, Polres Jepara meminta seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk lebih proaktif menjaga tahapan Pemilu 2024 aman dan kondusif.

"Kami pastikan Bhabinkamtibmas menjadi garda depan dalam pengamanan Pemilu 2024 mulai dari persiapan dan memasuki tahapannya, memastikan kesiapsiagaan menjaga wilayah binaan masing-masing," kata Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, di Mapolres Jepara, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (2/8).

Sejauh ini, Polres Jepara memiliki 127 Bhabinkamtibmas yang akan menjadi penjaga di masing-masing desa.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Jepara didampingi Wakapolres Jepara Kompol Berry, Pejabat Utama, dan diikuti Kapolsek Jajaran juga melakukan pengecekan sikap tampang dan kelengkapan anggota Bhabinkamtibmas.

Di sela-sela pengecekan, Kapolres menekankan kepada anggota Bhabinkamtibmas untuk selalu menampilkan profil yang humanis, komunikatif, dan solutif, namun tetap selalu siap siaga dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada warga masyarakat di desa binaan.

Setelah pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan pengarahan Kapolres kepada anggota Bhabinkamtibmas yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Jepara.

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan anggota Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam pembinaan, pengayoman, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah binaannya.

“Maka dari itu, anggota Bhabinkamtibmas harus meningkatkan profesionalisme dengan terus menambah pengetahuan dan pembelajaran tugas pokok dan fungsi Kepolisian, serta keberadaan Bhabinkamtibmas wajib menjadi manfaat serta dapat menjadi solusi permasalahan di bidang sosial kamtibmas di tengah tengah warga masyarakat,” tutur AKBP Wahyu.

Lebih jauh ditambahkan Kapolres, seluruh anggota Bhabinkamtibmas wajib menjaga nama baik dan marwah institusi. Serta melaksanakan tugas sesuai aturan serta selalu membuka komunikasi hangat bersama dengan masyarakat.

“Berikan solusi dengan berdasarkan rasa keadilan dalam setiap penyelesaian permasalahan, serta dalam penanganan tindak pidana ringan yang dapat diselesaikan dengan kesepakatan bersama (Restorative Justice) yang sejalan dengan kearifan lokal melalui musyawarah dan mufakat.

“Di samping itu, Bhabinkamtibmas harus mampu membangun persepsi di masyarakat, dan menciptakan zero conflict social,” harap Kapolres Jepara.

"Kedepankan menyampaikan pesan-pesan komunikasi persuasif, humoris, informatif dan edukatif," imbuhnya.

Kapolres juga berpesan kepada anggota Bhabinkamtibmas untuk bekerja secara maksimal, solid, saling bersinergi dengan Babinsa, perangkat desa dan pihak terkait lainnya. Khususnya saat ini di mana sudah memasuki tahapan pemilu untuk selalu membawa pesan damai, persatuan dan kerukunan di tengah masyarakat. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA