Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri Gelar Wayang Kulit Berlakon Wahyu Cakraningrat, Tradisi Jawa Memilih Raja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 06 Juli 2023, 11:43 WIB
Polri Gelar Wayang Kulit Berlakon Wahyu Cakraningrat, Tradisi Jawa Memilih Raja
Wayang kulit/Net
rmol news logo Polri akan menggelar pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Wahyu Cakraningrat di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Jumat (7/7).  

Wayang Kulit tersebut dilaksanakan masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, kegiatan Wayang Kulit tersebut merupakan komitmen dari Polri untuk terus menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia.

"Melestarikan budaya Bangsa Indonesia yaitu Wayang Kulit agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman," kata Dedi kepada wartawan, Kamis (6/7).

Selain itu, kata Dedi, acara Wayang Kulit ini juga bertujuan untuk semakin mendekatkan Polri dengan seluruh masyarakat dengan menyajikan hiburan rakyat secara gratis.

"Memberikan hiburan gratis kepada masyarakat dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 sekaligus menyediakan makanan dan minuman gratis sebagai bentuk rasa syukur dengan berbagi kepada masyarakat," ujar Dedi.

Wahyu Cakraningrat, dalam kebudayaan masyarakat Jawa, tradisi ini merupakan teknik tradisional para raja untuk menentukan penerusnya dengan melihat kriteria.

Raja akan mencoba melakukan penerawangan kepada sosok generasi kepemimpinannya, dengan cara menggunakan alur cerita pewayangan. Hal ini dilakukan juga dengan maksud mempertontonkan kepada rakyatnya jika seorang raja tidak main-main dalam memilih penerusnya kelak.

Tradisi bertutur dalam pewayangan ini dinilai sakral oleh masyarakat Jawa. Hanya dalang yang sakti yang memiliki aura magis kuat, yang bisa memainkan wayang dengan alur cerita tersebut. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA