Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar dari Singapura, Komjen Fadil Ingin Polisi Mudah Ditemui di Jalan dan Tempat Umum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 14 Juni 2023, 21:21 WIB
Belajar dari Singapura, Komjen Fadil Ingin Polisi Mudah Ditemui di Jalan dan Tempat Umum
Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran usai melaunching patroli perintis presisi di Mapolda Metro Jaya/Ist
rmol news logo Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran resmi melaunching patroli perintis presisi di seluruh Indonesia. Nantinya, tim tersebut dibentuk oleh direktorat Sabhara di seluruh Polda jajaran.

Fadil mengatakan, pembentukan patroli perintis presisi ini belajar dari negara tetangga Singapura yang tertib dan masyarakatnya takut berbuat kejahatan lantaran anggota polisi selalu melakukan patroli.

“Berangkat dari hal tersebut, Polri harus membuat masyarakat dengan mudah menemukan Polisi di jalan dan di tempat umum, seorang petugas patroli diharapkan dapat mereduksi kesempatan orang melakukan kejahatan dan memberikan edukasi tentang praktik pencegahan kejahatan kepada masyarakat,” kata Fadil saat memimpin apel launching patroli perintis presisi di Mapolda Metro Jaya, Rabu (14/6).

Patroli perintis presisi ini, Fadil menekankan dalam operasinya mengedepankan pencegahan, bukan penindakan. Dengan begitu, mantan Kapolda Metro Jaya ini yakin citra yang baik terhadap kepolisian akan terbangun di tengah masyarakat

“Tidak ada lagi patroli Sabhara serasa reserse. Saya berharap ke depannya kita memiliki satuan yang saling terintegrasi sebagai alat negara pemelihara keamanan, tanpa melihat background satker masing-masing, akan tetapi melihat bahwa kita adalah Polri yang bertugas untuk menjaga kamtibmas,” tekan Fadil.

Menurut Fadil patroli perintis presisi yang disebar ke seluruh Indonesia ini juga merupakan jawaban gangguan kamtibmas yang terus mengalami dinamika.

Diantaranya, seperti balap liar, geng motor, tawuran dan lainnya yang selama ini merupakan hal yang meresahkan masyarakat tidak cukup ditangani hanya dengan patroli kota yang menggunakan roda dua dan roda empat saja namun harus ada konsep yang komprehensif guna memberikan solusi yang tepat dan mencegah secara penuh serta meminimalisasi gangguan kamtimas tersebut.

“Pencegahan kejahatan aktif yang sering saya sampaikan dengan istilah preventif strike bukan hanya sekedar menghimbau tetapi juga melakukan tindakan pemulihan yang dapat meminimalisir faktor-faktor kriminogen yang ada di tengah masyarakat," kata Fadil.

Selain itu, Fadil menekankan kunci keberhasilan patroli perintis presisi diantaranya adalah buatlah road map sehingga terdapat tujuan yang jelas serta indikator yang terukur.

Identifikasi permasalahan yang muncul dan akan muncul sehingga solusi antisipasi dapat dibuat, intensifkan dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat secara langsung di lapangan maupun secara daring melalui media sosial. rmol news logo article


EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA