Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polda Jateng Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Malam Ini Sampai Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 27 April 2023, 21:28 WIB
Polda Jateng Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Malam Ini Sampai Besok
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama jajaran Polda Jawa Tengah serta Dinas Perhubungan meninjau arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang/RMOLJateng
rmol news logo Arus balik pemudik Lebaran 2023 yang melintasi Jawa Tengah diprediksi mencapai puncaknya pada Kamis malam ini (27/4) hingga Jumat besok (28/4).

Demikian laporan Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryo terkait situasi dan volume arus kendaraan pemudik yang akan kembali ke arah barat menuju Jakarta dan sekitarnya terhitung, Kamis (27/4).

Hingga Kamis siang, kendaraan yang melintas di gerbang tol Kalikangkung, Semarang baru sekitar 47 persen kendaraan, atau kurang lebih sekitar 390 ribu kendaraan.

“Masih sekitar 50 persen sekian kendaraan belum melintas atau meninggalkan Jawa Tengah sejak mudik kemarin itu. Diperkirakan tersebar dari Solo sampai Jawa Timur,” ujar Agus diberitakan Kantor Berita RMOLJateng.

Agus juga melaporkan bahwa angka tertinggi selama arus mudik 2023 mencapai 72 ribu kendaraan dalam sehari. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai 62 ribu kendaraan dalam sehari.

Untuk menghadap puncak arus balik, ada dua skenario yang akan diterapkan Polda Jateng. Pertama, yaitu one way nasional yang akan diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB malam nanti.

“Tapi untuk one way lokal tidak diberlakukan karena kapasitas kendaraan tidak padat,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah meninjau arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Terminal Mangkang dan Pos Terpadu Dinas Perhubungan Jawa Tengah hari ini.

Dalam pantauannya, tidak akan terjadi kepadatan kendaraan selama arus balik. Sebab sejak H+2 sudah banyak warga yang melakukan perjalanan.

“Kan udah dicicil ini. Kemarin dari pusat juga sudah memerintahkan boleh kalau mau di-extend liburnya, cuti begitu,” kata Ganjar. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA