Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi QRIS Palsu, Polrestabes Semarang Cek Kotak Amal Sejumlah Masjid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 11 April 2023, 23:59 WIB
Antisipasi QRIS Palsu, Polrestabes Semarang Cek Kotak Amal Sejumlah Masjid
Jajaran Polrestabes Semarang mengecek QRIS di kotak amal masjid/Ist
rmol news logo Polrestabes Semarang melakukan inspeksi mendadak ke masjid-masjid Semarang untuk mengecek QRIS yang terpasang di kotak amal.

Pengecekan QRIS kotak amal di masjid Semarang dipimpin Kasat Binmas Polrestabes Semarang, Kompol Christian Lebang guna, mengantisipasi barcode palsu atau bukan atas nama masjid setempat.

Kasat Binmas menyampaikan, seperti kabar yang sudah beredar, Bank Indonesia melaporkan adanya seorang pria terekam CCTV memasang stiker QRIS palsu di kotak amal di sebuah masjid di Jakarta. Oleh karena itu, polisi berupaya melakukan pencegahan agar hal serupa tidak terjadi di Kota Semarang

"Hari ini kami cek seluruh barcode QRIS yang tertempel di kotak amal masjid menggunakan aplikasi scan barcode. Kami pastikan bahwa seluruh barcode QRIS tertuju ke masjid setempat," ujar Kompol Christian Lebang, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (11/4).

Pengecekan dilakukan di dua masjid di Kota Semarang, yakni Masjid Baiturrahman dan Masjid Kauman Semarang.

Cristian Lebang pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk cek kembali secara rutin QRIS di tempat ibadah masing-masing.

"Jangan sampai niat kita yang baik disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga bisa merugikan orang banyak," katanya saat sidak di Masjid Baiturrahman.

Cristian juga mengimbau masyarakat melihat lagi proses donasi lewat QRIS di kotak amal.

"Untuk imbauan masyarakat yang ingin mendonasikan di tempat ibadah mohon dicek kembali nama QRIS yang akan didonasikan," katanya.

Sementara itu, salah seorang staf Sekretariat Masjid Baiturrahman Ahmad, Junianto mengatakan, di Masjid Baiturrahman ada 5 sampai 10 kotak amal yang memiliki barcode QRIS.

"Setiap hari kami cek juga, alhamdulillah sejauh ini belum ada temuan. Pengecekan dilakukan oleh bagian keuangan dan dilakukan tiap hari. Kalau berhenti kan berarti ada sesuatu yang tidak beres pasti akan langsung kami cek," katanya.

Lebih lanjut Junianto menerangkan, jemaah masjid terhitung cukup banyak yang berdonasi lewat QRIS.

"Bahkan pada 2019, awal penggunaan QRIS, kami jadi yang terbanyak di Indonesia sebagai masjid yang jemaahnya menyumbangkan sedekah lewat QRIS," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA