Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir Mulai Surut, Kapolres Musi Rawas: Masyarakat Sudah Bisa Kembali Beraktivitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 17 Maret 2023, 04:13 WIB
Banjir Mulai Surut, Kapolres Musi Rawas: Masyarakat Sudah Bisa Kembali Beraktivitas
Kapolres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo/Ist
rmol news logo Kondisi banjir di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, mulai berangsur-angsur surut. Di antaranya di wilayah Kecamatan Muara Kelingi yang sebelumnya terdampak banjir cukup parah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Kapolres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo, pihaknya pada Kamis (16/3) telah mengecek ke lokasi banjir di wilayah Kecamatan Muara Kelingi. Yaitu di Kelurahan Muara Kelingi RT 1, RT 2, dan RT 3.

"Jadi dapat kami laporkan bahwa air alhamdulillah sudah surut di Kecamatan Muara Kelingi," kata Kapolres, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel, Kamis (16/3).

Sementara itu untuk wilayah Kecamatan Muara Lakitan, kondisi air masih menggenangi beberapa Desa. Walau debit air sudah mengalami penurunan yang signifikan.

“Sehingga masyarakat di tempat itu sudah bisa beraktivitas menggunakan sepeda motor ataupun berjalan. Dibandingkan dengan kemarin, pada saat kami mengecek masih menggunakan perahu,” tuturnya.

Untuk di wilayah Muara Lakitan, tepatnya di Desa Prabumulih 1, masih terdapat genangan air akibat luapan Sungai Musi.

"Mungkin kontur tanahnya cukup rendah, sehingga airnya masih menampung pada pagi hari ini, tapi itupun juga sudah mulai meresap masuk ke dalam tanah," jelasnya.

Saat ini upaya yang dilakukan pihaknya yakni proses recovery atau pemulihan. Tim gabungan dari Brimob Polda Sumsel Batalyon B Petanang Lubuklinggau, Direktorat Air Polda Sumsel, Direktorat Samapta, Polsek, Koramil Muara Kelingi, Koramil Muara Lakitan dan masyarakat lainnya yang ikut membantu saat ini masih di lokasi untuk membersihkan sisa-sisa banjir.

"Perusahaan juga sudah mulai memberikan bantuan, kemudian dari PMI, Baznas juga turun memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak," terangnya.

Dalam proses recovery, Kapolres mengatakan telah memimpin untuk pelaksanaannya. Recovery itu dilakukan dengan melaksanakan pembersihan jalan atau ruas jalan yang memang kemarin sempat tertutup lumpur.

Selanjutnya untuk jalan lintas Sumatera dari Musi Rawas menuju Sekayu atau sebaliknya, kini sudah bisa dilalui kendaraan.

"Alhamdulillah sudah bisa dilewati," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA