Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Minta Bareskrim Perbaiki Kultur Pelayanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 15 Maret 2023, 22:28 WIB
Kapolri Minta Bareskrim Perbaiki Kultur Pelayanan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan arahan di Rakernis Bareskrim di Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3)/Ist
rmol news logo Sejumlah arahan disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bareskrim Polri di Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satunya yang ditekankan ialah jajaran korps reserse solid dan berjuang meraih kembali tingkat kepercayaan publik terhadap Polri yang sempat mencapai hasil tertinggi sepanjang sejarah. Dengan kepercayaan publik yang tinggi akan berdampak kepada suksesnya Polri dalam menjalankan tugas pokoknya.

Oleh karenanya, Sigit meminta agar personel Bareskrim Polri melakukan perbaikan kultur pelayanan, mulai dari penerimaan laporan masyarakat, proses penyidikan hingga penyelesaian perkara.

Pada saat menerima laporan, jajaran reserse diharapkan mampu mendengar apa yang menjadi keluhan masyarakat sehingga menimbulkan adanya harapan bagi pencari keadilan. Lalu, berikan edukasi yang baik kepada seluruh masyarakat dalam hal kelengkapan berkas pelaporan dan lainnya.

Pada saat proses penyidikan, Sigit menyatakan, jajarannya harus memiliki independensi serta mampu menggali peristiwa sesuai fakta dan melakukan penyidikan dengan metode Scientific Crime Investigation (SCI).
 
"Terkait penyelesaian perkara, ini tentunya tidak semua kasus yang ditangani ini bisa selesai dengan segera. Namun pada saat tidak selesai karena proses atau mungkin itu bukan kasus pidana atau karena alat bukti kurang, ini bisa dikomunikasikan, sehingga pada saat berproses pelapor tidak mengalami kesulitan karena ada sumbatan komunikasi," tutur Sigit.

Sigit mengingatkan, jajaran Kepolisian harus menjalankan tugasnya dengan profesional dan menghindari perbuatan yang berpotensi merusak citra Korps Bhayangkara, hal yang menciderai rasa keadilan publik serta memiliki Sense of Crisis.

"Jadi, hal ini ke depan harus kita laksanakan. Kemudian terhadap hal yang menjadi perhatian publik, yang ciderai rasa keadilan publik, lakukan penegakan hukum secara tegas. Sehingga masyarakat melihat bahwa, Polri khususnya jajaran Bareskkrim profesional, kita humanis tapi pada saat kita tegas kita juga mampu. Hal negatif, perilaku menyimpang harus kita hindari semaksimal mungkin," demikian Sigit. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA