Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laporan Awal, Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Karena Tekanan Saat Pengisian BBM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 04 Maret 2023, 18:37 WIB
Laporan Awal, Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Karena Tekanan Saat Pengisian BBM
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Ist
rmol news logo Tim investigasi gabungan dari Polri serta pihak terkait, akan mendalami penyebab awal mula terjadinya kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Jumat malam (3/3).

Begitu dikatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai meninjau langsung lokasi utama kebakaran, untuk melakukan pengecekan awal di tempat kejadian perkara (TKP).

Dari tinjauan dan laporan awal yang diterimanya, Jenderal Sigit mengungkapkan bahwa, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB. Awalnya, di lokasi itu sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax, yang dikirim dari Balongan.

Saat pengisian, lanjutnya, dari informasi awal yang diterimanya, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terjadinya tekanan yang berlebihan. Setelah itu, terjadilah peristiwa kebakaran.

Meski begitu, Sigit menekankan, tim investigasi gabungan masih akan terus melakukan pendalaman terkait dengan sumber api awal di lokasi kejadian.

"Tentunya untuk mencari tahu sumber api dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim," ujar Sigit, Sabtu (4/4).

Lebih dalam, Sigit menyatakan, tim investigasi gabungan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan beberapa saksi hingga memeriksa CCTV.

Dengan dilakukannya pendalaman secara komprehensif, kata Sigit lagi, tim investigasi gabungan akan melakukan proses pembuktian dengan Scientific Crime Investigation (SCI).

"Nanti bisa kita jelaskan secara Scientific Crime Investigation tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengkibatkan terjadinya kebakaran," demikian Sigit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA