Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Redam Konflik, Polres Muara Enim Sambangi Perusahaan yang Pekerjakan TKA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 19 Januari 2023, 03:25 WIB
Redam Konflik, Polres Muara Enim Sambangi Perusahaan yang Pekerjakan TKA
Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi/Ist
rmol news logo Kasus bentrokan antara pekerja asing (TKA) dengan tenaga kerja Indonesia (TKI) di PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah, turut mendapat atensi dari Polres Muara Enim.

Pasalnya, sejumlah perusahaan tambang batubara dan pembangkit listrik di Bumi Serasan Sekundang juga banyak yang mempekerjakan TKA. Tercatat, jumlah TKA yang bekerja di Muara Enim ada sebanyak 682 orang.

"Ini (bentrokan PT GNI, red) jadi atensi kita juga. Jangan sampai kejadian itu juga berimbas ke Muara Enim," kata Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi, saat dibincangi Kantor Berita RMOLSumsel, Rabu (18/1).

Dia melanjutkan, Polres Muara Enim telah bekerja sama dengan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim untuk menyambangi perusahaan yang mempekerjakan TKA.

"Kami memberikan imbauan agar perusahaan dapat meredam konflik ataupun permasalahan yang terjadi di kalangan pekerja," ucapnya,

Selain itu, pihaknya juga siap memberikan bantuan pengamanan apabila ada gesekan ataupun konflik yang terjadi.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Eni, Misnan, melalui Kasi Intel Dakim, Mahcmudi mengatakan, per 18 Januari 2023, jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terdata melalui Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim sebanyak 682 orang. Sekitar 70 persen didominasi TKA asal China.

"Mereka banyak bekerja di pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA