Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Resmikan Unit K-9 di Palmerah, Fadil Imran: Ini Wujud Kepedulian Polda Metro Terhadap Satwa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-wahanaputra-1'>BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Senin, 31 Oktober 2022, 22:49 WIB
Resmikan Unit K-9 di Palmerah, Fadil Imran: Ini Wujud Kepedulian Polda Metro Terhadap Satwa
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Forkopimda resmika gedung K-9/RMOLJakarta
rmol news logo Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meresmikan Gedung Satwa Unit K-9 Polda Metro Jaya di Jalan KS Tubun Raya, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (31/10).

Peresmian ini juga turut dihadiri Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya Mayjen (TNI) Untung Budiharto serta jajaran Polda Metro Jaya.

Sebelum peresmian, Fadil beserta rombongan melihat lokasi tempat hewan anjing satwa ditempatkan yakni di lantai satu dan dua gedung K-9.

Selain itu, personel K-9 juga memperlihatkan kehebatan anjing pelacak beraksi, seperi mencari narkoba jenis sabu dan menyerang terduga pelaku tindakan kriminal.

"Ini sebenernya wujud kepedulian Polda Metro Jaya terhadap bagaimana kita memperlakukan satwa. Jadi mudah-mudahan peresmian gedung K-9 sore ini bisa memberikan  layanan terbaik buat satwa yang dimiliki oleh Polda Metro Jaya," kata Fadil.

Mantan Kapolda Jawa Timur itu juga meminta acara peresmian ini bukan hanya untuk ceremonial saja.

Namun, gedung ini juga bisa benar-benar dimanfaatkan, terutama untuk ekosistem lingkungan sekitar.

"Saya ingin fasilitas ini tidak hanya jadi sekadar fasilitas K9. Saya ingin K9 ini jadi laboratorium hidup yang tumbuh, menjadi sebuah ekosistem yang berguna untuk lingkungan sekitar," kata Fadil.

Anjing-anjing yang dilatih, menurut Fadil harus mendapat pelayanan khusus. Sehingga saat menjalani tugas, anjing tersebut mampu menjalani dengan rasa senang dan tanpa beban, apalagi dalam keadaan sehat.

Fadil pun menyebut ada sekitar 30 kandang satwa yang ada di Gedung K-9 yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas.

"Perlu saya sampaikan bahwa Gedung K9 unit satwa terbaru ini terdiri dari 35 kandang satwa, satu ruang kebersihan untuk satwa, satu lab, satu kolam renang untuk mereka berlatih dan berekreasi, dua ruang staf masing-masing dilengkapi dengan ruang layak, ruang untuk tidur," kata Fadil.

"Jadi bintang lima ini, five star diamond, sekelas hotel di sepanjang Sudirman Thamrin. Kenapa? Supaya kalau dia dapat panggilan tugas di malam hari dia kondisinya fit," sambung Fadil.

Selain rombongan TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hadir pula akademisi dari beberapa universitas, dokter hewan, dan juga komunitas pecinta hewan.rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA