Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertepatan Bhayangkara ke-76, Kakorlantas Resmikan ETLE Tahap II di Polda Sumsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 01 Juli 2022, 19:36 WIB
Bertepatan Bhayangkara ke-76, Kakorlantas Resmikan ETLE Tahap II di Polda Sumsel
Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi saat resmikan program tilang elektronik tahap II di Markas Polda Sumatera Selatan/RMOL
rmol news logo Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) tahap II di Markas Polda Sumatera Selatan. Peresmian ini, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara.

Acara peresmian dipimpin oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dengan didampingi Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan, dan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono.

Firman mengaku, sangat mengapresi Gubernur Sumsel Herman Deru, Ketua DPRD Sumsel RA Anita serta seluruh jajaran Forkompimda. Pasalnya, semua pihak berkomitmen meningkatkan budaya tertib berlalu lintas di Sumsel salah satunya dengan penerapan ETLE di Sumsel.

“Pada saat penutupan Rakernis Korlantas, Pak Gubernur Sumsel mendapatkan salah satu penghargaan dari Bapak Kapolri dan komitmen penghargaan tersebut ditindak lanjuti," kata Firman dalam keterangannya, Jumat (1/7).

"Dan hari ini kita saksikan ada dukungan penambahan titik-titik pantauan ETLE sebagai bentuk komitmen Sumsel dan seluruh jajarannya, terhadap tercapainya pembentukan budaya tertib berlalu lintas di Sumsel itu yang penting,” imbuhnya.

Firman menekankan, dengan bertambahnya ETLE di beberapa titik di Indonesia bukan diartikan semata Polri akan menangkap pelanggar sebanyak-banyaknya.

“Tolong digaribawahi ETLE ini mendukung proses penegakan hukum. Penegakan hukum bukan hanya memberikan peringatan-peringatan atau teguran kepada pelanggar. Tapi memberikan pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran,” tuturnya.

Dia pun berharap, kedepannya setiap wilayah terus berkomitmen dalam meningkatkan budaya berlalu lintas. Salah satunya dengan terus mengembangkan ETLE kedepannya.

“Sekali lagi pada hari yang spesial pada hari ulang tahun Bhayangkara ke-76 ini Polda Sumsel sebagai salah satu piloting menambah titiknya yang kami nilai sebagai menambah meningkatnya komitmen terhadap terciptanya budaya tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Penambahan ETLE di Sumsel sebanyak empat set. Dua set ETLE di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Sukarami. Kemudian, satu set di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat 1, dan satu set di kawasan Nilakandi, Kecamatan Ilir Timur II.

Secara keseluruhan, ETLE di wilayah Sumsel saat ini sebanyak 30 kamera statis dan 10 kamera bergerak dengan perangkat telepon genggam khusus. rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA