Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sangat Sulit Dibentuk, Koalisi Semut Merah Dianggap Ilusi Semata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 14 Juni 2022, 03:47 WIB
Sangat Sulit Dibentuk, Koalisi Semut Merah Dianggap Ilusi Semata
Pengamat politik Universitas Nasional Andi Yusran/Net
rmol news logo Dalam menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) peluang terbangunnya koalisi antara PKB dan PKS yang menamakan Semut Merah dinilai berpotensi hanya akan jadi ilusi belaka.

Pengamat politik Universitas Nasional Andi Yusran berpendapat bahwa koalisi semut merah akan sangat sulit dibentuk. Alasannya, kedua partai memiliki madzhab dan segmentasi politik yang jauh berbeda.

"Koalisi semut merah adalah koalisi ilusi  sangat sulit dibentuk secara utuh karena basis pemilih yang cenderung beda 'mazhab' serta kepentingan elitnya juga berbeda," demikian kata Andi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (13/6).

Lebih lanjut, Andi menganalisa selama pemerintahan Jokowi, PKS konsisten dan nyaman berada di luar pemerintahn. Di sisi lainnya, PKB solid mendukung penuh pemerintahan Jokowi.

Andi berpandangan, jika memang nantinya PKB keluar dari pemerintahan Jokowi, ia akan berpeluang besar membangun koalisi dengan PDIP dan Gerindra.

"Jika nanti terjadi resuffle dan elit PKB tergusur dari kabinet, maka besar peluang PKB ikutan koalisi Gerindra-PDIP," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA