Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Kazakhstan adalah Contoh Bagaimana Rusia Selalu Mendukung Negara Tetangganya, Tapi Tidak Termasuk Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Februari 2022, 15:16 WIB
Putin: Kazakhstan adalah Contoh Bagaimana Rusia Selalu Mendukung Negara Tetangganya, Tapi Tidak Termasuk Ukraina
Presiden Vladimir Putin/Net
rmol news logo Rusia akan selalu mendukung kedaulatan negara-negara bekas republik Soviet. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, salah satu contoh negara tetangga yang selalu mendapat dukungan dan perlindungan adalah Kazakhstan.

Dalam percakapannya dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada Selasa (22/2), Putin menegaskan bahwa Rusia tidak henti membela kedaultan Kazakhtan. Ini juga akan berlaku terhadap semua negara tetangganya
kata Putin, seperti dikutip dari TASS.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk Ukraina, katanya. Rusia tidak bisa menjaga tetangganya itu karena ada pihak ketiga yang mengendalikan Ukraina yang kemudian menjadi ancaman bagi Rusia.

"Sayangnya, ini berbeda dengan Ukraina. Ini karena fakta yang menunjukkan bahwa Ukraina telah digunakan oleh negara ketiga untuk menciptakan ancaman bagi Federasi Rusia," kata Putin.

Ia mengaku tidak lagi terlihat kualitan interaksi di Ukraina terhadap  negaranya. Semua kedekatan hilang setelah kudeta di Ukraina beberapa tahun lalu.

"Saya ingin menekankan: itu terjadi setelah kudeta dan perebutan kekuasaan secara ilegal oleh mereka yang melakukannya," kata Putin.

Kepada Aliyev, Putin menceritakan hasil percakapan teleponnya dengan Presiden Kazakh, Kassym-Jomart Tokayev, dan membicarakan banyak hal tentang kerja sama.

Kazakhstan adalah bukti bagaimana Rusia selalu mendukung negara tetangganya.

"Setelah menyelesaikan misi CSTO di Kazakhstan beberapa bulan lalu, pasukan militer ditarik pulang ke negara masing-masing. Rusia dan Kazakhstan terus bekerja sama di semua bidang yang menguntungkan kedua negara," tutup Putin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA