Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hindari Gesekan, Polisi Hanya Kerahkan 600 Personel Pengamanan Demo BEM SI di KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 27 September 2021, 11:21 WIB
Hindari Gesekan, Polisi Hanya Kerahkan 600 Personel Pengamanan Demo BEM SI di KPK
Demo BEM SI di KPK/RMOL
rmol news logo Aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan dikawal 600 petugas kepolisian.

Wakapolres Metro Jakarta Selatan, AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 600 petugas kepolisian untuk mengawal aksi unjuk rasa dari mahasiswa yang menola 56 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diberhentikan dengan hormat.

"Tentunya kita ini hanya ada kenaikan sedikit eskalasinya kira-kira dari 500 sekarang 600 lah," ujar AKBP Antonius Agus kepada wartawan di lokasi aksi unjuk rasa, Senin siang (27/9).

Pihak kepolisian pun berharap masa aksi dapat menyampaikan aspirasi dengan humanis dan damai. Begitu juga dengan petugas kepolisian juga akan mengawal aksi unjuk rasa dengan lebih humanis.

"Kalau pemberitahuan (aksi unjuk rasa), sudah kita terima intinya, dan kita tetap sudah koordinasikan, kan berharap seperti yang disampaikan, humanis, damai, kita tetap tidak terlalu spesifik untuk perbanyak pasukan, tapi kita tetap kedepankan humanis. Bahkan kita benar-benar ke depankan personel Polwan, gantian nanti terus-terus dan seterusnya," jelas AKBP Agus.

AKBP Agus juga berharap aksi unjuk rasa ini tidak terjadi gesekan antara masa aksi dengan petugas kepolisian.

"Karena bagaimanapun juga apa yang disampaikan aksi damai, kita juga berusaha menyampaikan harus berikan pelayanan pengamanan, antisipasi tetap kita perhitungkan dengan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi, tapi kita yakin hari ini akan damai," terang AKBP Agus.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi sudah hadir di lokasi aksi sekitar pukul 10.40 WIB.

Petugas kepolisian pun sudah membentuk barikade di sekitar 100 meter dari Gedung Merah Putih KPK. Pengamanan pun terlihat tidak adanya kawat berduri maupun barrier untuk menghalau masa aksi unjuk rasa.

Hingga pukul 11.15 WIB, para mahasiswa masih terus menyampaikan aspirasinya melalui atribut yang dibawa maupun dengan penyampaian pendapat melalui mobil komando. Aksi unjuk rasa juga masih berjalan kondusif. rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA