Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri: Berbagai Strategi Dilakukan TNI-Polri untuk Mencapai Target Herd Immunity

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 17 Agustus 2021, 23:23 WIB
Kapolri: Berbagai Strategi Dilakukan TNI-Polri untuk Mencapai Target Herd Immunity
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan dalam malam apresiasi relawan Vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya/Ist
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri acara malam apresiasi relawan Vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya, Selasa malam (17/8).

Dalam pidatonya, Kapolri menyampaikan bahwa saat ini Indonesia masih diharuskan untuk berjuang untuk mencapai kemenangan dan merdeka dari pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini sudah lebih dari 3,8 juta orang masyarakat Indonesia terkonfirmasi positif dan lebih dari 118.000 orang meninggal dunia akibat Covid-19.

Namun, Kapolri mengatakan berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menangani sekaligus mengendalikan pandemi Covid-19, mulai dari kebijakan PSBB, PPKM, PPKM Mikro, PPKM Darurat hingga PPKM Level 1-4 dan saat ini sudah masuk tahap ketiga dengan pelonggaran di wilayah Jawa dan pengetatan terhadap beberapa wilayah yang masih dalam status level 4.

“Ini dilakukan dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama dan merupakan hukum tertinggi atau “Salus Populi Suprema Lex Esto” kata Kapolri dalam sambutannya.

Dalam melaksanakan kebijakan pemerintah tersebut maka telah dilaksanakan strategi utama dalam menurunkan dan menahan laju pertumbuhan Covid-19 dengan menerapkan dan menguatkan Strategi 3M (menguatkan kepatuhan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan), Strategi 3T (Tracing, Testing, Treatment), dan juga program vaksinasi.

Pemerintah juga telah menyiapkan berbagai macem paket kebijakan untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat yang terdampak. Seperti, Program Kesehatan, Program Prioritas, Dukungan UMKM dan Korporasi, Insentif Usaha dan Perlindungan Sosial (Perlinsos) dalam bentuk berbagai jenis bantuan sosial dan subsidi.

Dari upaya itu semua, kata Kapolri, saat ini pemerintah sedang menggalakan dan mendorong bagaimana membangun kekebalan komunitas dengan melakukan vaksinasi dengan target 70 persen rakyat Indonesia agar tercapai herd immunity. Mantan Kapolda Banten ini menegaskan, vaksinasi untuk mencapai target herd immunity merupakan langkah pemerintah pusat yang dimotori oleh Kemenkes dan di back up sekaligus diakselerasi oleh TNI-Polri

Tujuannya, Kapolri menekankan untuk bisa membantu pemerintah daerah baik tingkat 1 maupun tingkat 2 agar bisa segera melakukan pencapaian terkait dengan target vaksinasi harian 2 juta sesuai yang dicanangkan oleh Bapak Presiden.

“Guna mendukung capaian tersebut berbagai strategi vaksinasi telah dilaksanakan mulai dari gerai vaksinasi TNI-Polri, serbuan vaksinasi TNI-Polri, vaksinasi mobile, dan saat ini dengan memanfaatkan momentum hari kemerdekaan maka dilaksanakan vaksin kemerdekaan yang menjangkau masyarakat sampai dengan tingkat RW,” beber Kapolri.

Vaksinasi Merdeka yang melibatkan seluruh relawan yang terpanggil dan dibantu oleh para dermawan untuk memfasilitasi kegiatan sampai dengan ke tingkat RW itu ingin menanamkan semangat persatuan seluruh elemen bangsa baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan masyarakat.

“Untuk bahu- membahu dalam melawan covid-19 sebagai musuh bersama, sehingga pada tanggal 17 Agustus kita bisa merayakan hari kemerdekaan dengan percepatan terciptanya herd immunity,” pungkas Kapolri.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA