Farah.ID
Farah.ID

Kapolri Setuju Jalur Sepeda Permanen Di Jakarta Dibongkar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 16 Juni 2021, 17:25 WIB
Kapolri Setuju Jalur Sepeda Permanen Di Jakarta Dibongkar
Jalur khusus sepeda di Jakarta/Net
rmol news logo Jalur sepeda permanen di DKI Jakarta turut dibahas dalam rapat Komisi III DPR RI bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6).

Pada rapat tersebut, Kapolri sepakat jika jalur sepeda permanen di Jakarta dibongkar. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan instansi terkait.

"Saya setuju untuk jalur sepeda permanen nanti dibongkar saja," kata Jenderal Listyo Sigit diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Listyo menambahkan, pihaknya akan melakukan kajian terkait implementasi sepeda sebagai sarana olahraga dan sarana transportasi ini. Kajian ini salah satunya dengan studi banding ke luar negeri.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyebutkan, hal terpenting dalam menyelesaikan persoalan jalur sepeda adalah pengaturan waktu dan luasan jalur. Polri, kata dia, akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pemda DKI.

"Jalur sepeda tetap ada dan jam dibatasi sehingga tidak mengganggu pengguna lain," tandasnya.

Persoalan jalur sepeda permanen di Jakarta ini banyak dikeluhkan oleh anggota dewan. Salah satunya adalah anggota Komisi III Fraksi Nasdem, Taufik Besari.

Secara khusus, Besari menyinggung jalur road bike atau sepeda balap yang terlalu diskriminatif. Ia lantas meminta Kapolri untuk mengurai persoalan jalur sepeda ini.

"Pengaturannya bisa diatur, jamnya, jalurnya. Bagaimana masyarakat tetap aman, pesepeda juga aman. Tidak terjadi konflik yang mengakibatkan semangatnya turun," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA