Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Kerahkan Anjing Pelacak, Polri Susuri Wilayah Banjir Dan Longsor NTT

Proses pencarian korban Gempa di Sulawsi Barat oleh Kepolisian meggunakan anjing pelacak/Ist

Tim Mabes Polri menyusuri wilayah-wilyah yang sulit dijangkau pendistribusian bantuan akibat banjir bandang dan longsor di NTT. Tim kesehatan Korps Brimob Polri dan Pusdokkes Polri serta tim K-9 yang didalamnya terdapat anjing pelacak
dibawa untuk mempercepat penanganan bencana alam tersebut.

Kasatgas back up penanganan banjir bandang dan longsor NTT Mabes Polri Irjen Anang Revandoko  yang juga ikut turun langsung bersama Kakorpolairud Baharkam Polri IrjenVerdianto I. Bitticaca mengeksplor wilayah di desa Taramana, Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini disebut merupakan salah satu wilayah terparah yang aksesnya terputus untuk mengirimkan bantuan.

“Tidak adanya listrik ataupun jaringan seluler tidak menurunkan semangat tim dari Polri untuk membantu masyarakat korban angin puting beliung dan banjir di desa tersebut,” kata Anang kepada wartawan, Senin (12/4).

Komandan Korps Brimob Polri ini mengungkapkan, telah melibatkan tim kesehatan dari Brimob Polri dan Pusdokkes Polri untuk menjamah lokasi tersebut . Selain itu, anjing pelacak K-9 juga dikerahkan untuk membantu proses pencarian korban yang masih hilang.

“Pelibatan tim kesehatan Korbrimob terdapat seorang wanita/ibu-ibu dimana lokasi operasi sangat ekstream. Kita juga melibatkan 2 anjing pelacak untuk mempercepat pencarian korban dari satuan K-9 Baharkam Polri,”tuturnya.

Anang mengungkapkan, pihaknya juga membawa logistik berupa makanan dan obat-obatan dengan menggunakan Kapal Bharata-8004 milik Korpolairud Baharakam Polri.


EDITOR: IDHAM ANHARI

Artikel Lainnya

Kepolisian Negara Republik Indonesia