Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Tekankan Penguatan Pelayanan Anggota Dan Masyarakat Di Rakernis SSDM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 24 Maret 2021, 19:54 WIB
Kapolri Tekankan Penguatan Pelayanan Anggota Dan Masyarakat Di Rakernis SSDM
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka Rakernis SSDM/Net
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) internal SSDM Polri di Gedung Rupatama, Mabes Polri.

Rakernis SSDM Polri itu bertajuk 'Megatrend Indonesia Unggul dari 2020-2045, Bonus Demografi, SDM Unggul dan Menuju 4.0'. Dalam pengarahannya, Sigit menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran SSDM Polri karena bergerak cepat menerapkan program Presisi atau Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan untuk menciptakan SDM yang unggul.

"Apresiasi dan terima kasih atas gerak cepat program Presisi di bidang SSDM menuju SDM unggul," kata Sigit kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/3).

Sigit menekankan, karena Indonesia menuju era 4.0, sehingga seluruh aparat kepolisian harus mampu memanfaatkan teknologi digital dengan baik serta terus menerus meningkatkan kemampuan dalam implementasinya.

Menurut Sigit, implementasi untuk menuju era 4.0 yang bisa dilakukan oleh jajaran SSDM Polri yang dengan membuat Sistem Informasi Personel Polri (SIPP) 2.0 sebagai Big Data yang mampu menjadi
support system dalam pengambilan keputusan dan kebijakan dalam pembinaan SDM Polri.

"Berbagai tantangan yang dihadapi di lingkungan global, regional dan nasional. SDM Polri harus dikelola dan dikendalikan dengan baik serta mengacu pada arus pembinaan SDM Polri yang berkeunggulan meliputi prinsip integritas, proposional dan partnership," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Kemudian, menurut Sigit, SSDM Polri juga harus memberikan perhatian kepada seluruh personel dari segi pelayanan kesehatan. Salah satu langkahnya adalah dengan Aplikasi E-Yankes yang digunakan sebagai sarana konsultasi kesehatan bagi personil dalam memantau dan mencatat  bagaimana kondisi dan data kesehatan personel.

"Sehingga sistem perawatan personel Polri akan lebih maksimal," ucap Sigit.

Masih dalam arahannya, Sigit juga meminta untuk SSDM Polri soal Aplikasi E-Rekpro, yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas yang digunakan untuk melakukan pendaftaran menjadi anggota Polri secara online.

"Dalam hal pengendalian personil agar dilakukan rekrutmen proaktif dengan cara affirmative action, reward, talent scouting guna menciptakan SDM yang berkualitas dan kompetitif," kata Sigit.

Dari sisi pembinaan karier di Polri, Sigit meminta internal SSDM Polri agar memperhatikan Tour of Duty dan Tour of Area. Sehingga seluruh personel memiliki pengalaman yang diperoleh di daerah masing-masing.

Dari segi pelayanan kesehatan, Sigit menyatakan perlu meningkatkan kerja sama dengan rumah sakit daerah maupun swasta agar hak-hak personel Polri terpenuhi.

Sebab itu, Sigit menekankan soal peningkatan kesejahteraan personel Polri, dilakukan melalui kerja sama dengan ASABRI dan Kementerian PUPR dalam rangka pembangunan rusun dan rumah tapak bagi para personel Polri yang belum memiliki tempat tinggal.

Kemudian, kerjasama dengan perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk membantu pembiayaan dengan bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih panjang.

Oleh sebab itu, Sigit juga menyambut baik dari inovasi yang dilakukan oleh SSDM Polri dalam menyediakan pelayanan bagi internal Korps Bhayangkara maupun masyarakat.

"Selaku pimpinan Polri sangat apresiasi inovasi yang telah dikembangkan oleh SSDM Polri yang berisi, sistem informasi personil polri, aplikasi e-yankes (pelayanan kesehatan untuk anggota Polri) dan e-Rekpro dapat diakses oleh masyarakat untk digunakan pendaftaran secara online," tutup Sigit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA