Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Begini Upaya Kampung Tangguh Jaya Bentukan Dit Reskrimsus Tekan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 19 Maret 2021, 18:54 WIB
Begini Upaya Kampung Tangguh Jaya Bentukan Dit Reskrimsus Tekan Covid-19
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurcahman meninjau Kampung Tangguh Jaya Dit Reskrimsus di Pancoran, Jakarta Selatan/Ist
rmol news logo Kapolda Metro Jaya Irjen M. Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Kampung Tangguh Jaya Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) di Pancoran, Jakarta Selatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam kunjungannya, Fadil menyampaikan apresiasi atas seluruh program yang dicanangkan di Kampung Tangguh Jaya tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi upaya dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Apa saja yang dilakukan di Kampung Tangguh Jaya, ada tangguh dibidang kesehatan, tangguh di ketahanan pangan dan tangguh di keamanan. Saya apresiasi atas terobosan yang luar biasa dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat," kata Fadil di Kampung Tangguh Jaya Dit Reskrimsus, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (19/3).

Apresiasi itu, kata Fadil, lantaran di Kampung Tangguh Jaya ini, petugas selalu mengingatkan pentingnya penerapan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak (3M) dan testing, tracing, treatment 3T.

"Posko Kampung Tangguh imbau wsrga taat 3 M, dengan gunakan CCTV dan gunakan pengeras suara. Namanya si Pantau, kalau ada yang tak pakai masker ditegur lalu tak gunakan masker juga, petugas si Pantau datangi dan berikan masker. Ini luar biasa bukan hanya 3T, tapi 3M juga perlu dikerjakan," ujar Fadil.

Disisi perekenomian, Fadil juga menyebut bahwa, dengan adanya program Kampung Tangguh itu, masyarakat dibantu agar terwujudnya perekonomian yang mandiri. Selain itu, pundi-pundi rupiah pun digunakan untuk membantu warga lainnya yang memang terdampak Pandemi Covid-19.

"Tumbuh-tumbuhan, rempah-rempah diolah jadi minuman herbal tradisional khas daerah betawi yakni Bir Pletok dan Empon-Empon. Jadi penghasilan yang lahirkan ekonomi optimisme di masyarakat. Kami kerjasama dibina oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan kelurahan tapi sehari-hri disponsori oleh Dit Krimsus," ucap Fadil.

Senada, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyebut, dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini, yang tadinya di Pancoran RW 03 terdapat 21 orang terdampak virus corona. Kini hanya tinggal dua orang yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Ini berkat kerjasama Satgas Covid, serta petugas Kampung Tangguh dan yang penting lagi kerjasama masyarakat, petugas denyan begitu tinggi kesadaran untuk lakukan 3M dan 3T. Ini penting sehingga dengan keberadaaan Kampung Tangguh betul-betul tingkatkan kesadaran dan menekan angka kematian dan jumlah yang terpapar Covid-19," kata Dudung di kesempatan yang sama.

Disisi lain, Dir Krimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menjelaskan, Kampung Tangguh Jaya ini memiliki program Motor Hiling atau Himbauan Keliling, CCTV si Pantau, dan Aplikasi si Pantau.

"Kampung Tangguh Jaya Dit Reskrimsus juga bekerjasama bersama warga menyediakan fasilitas diantatanya tempat ketahanan pangan, dan tempat isolasi mandiri," ujar Aulia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA