Riwayat Bait Al Hikmah

Ilustrasi Riwayat Bait AL Hikmah

BAIT Al-Hikmah (Rumah Kearifan) merupakan lembaga perpustakaan merangkap pendidikan yang didirikan oleh dinasti Abassid di Bagdad yang kemudian dianggap sebagai cikal-bakal gemerlap masa keemasan peradaban Islam.

Al-Mansur

Ada beberapa versi sejarah Bait Al-Hikmah antara lain bahwa pendiri Bait Al-Hikmah adalah Sultan Abu Jafat al-Mansur yang menghimpun berbagai buku tentang kesehatan, astronomi, iptek, kesusasteraan, hadis, sejarah, Quranic sciences, yang dikumpulkan di sebuah ruang besar.

Al-Mansur menggairahkan semangat masyarakat Islam untuk mempelajari sains dan mengembangkannya berdasar terjemahan dari bahasa Persia, Yunani dan India.

Di antara buku-buku yang diterjemahkan atas perintah al-Mansur adalah buku Al-Sind Hind  tentang matematika dan koleksi tulisan-tulisan Aristoteles, Euklid dan Ptolomeus.

Harun Al Rashid

Ada pula pendapat bahwa pada hakikatnya Al-Mansur terpengaruh oleh buku Al Sind Hind tentang matematika berdasar tulisan Aristoteles, Euklid dan Klaudius Ptolemeus di samping koleksi buku-buku tentang Hadits yang terlebih dahulu telah dikoleksi oleh Sultan Harun Al-Rashid.

Ketika Harun Al-Rashid menaklukkan Ankara maka yang pertama dilakukan adalah menyelamatkan buku-buku  kemudian memindah seluruh isi perpustakaan Ankara ke Baghdad.

Sejarawan Yaqut al-Hamawi meyakini bahwa mudigah Bait Al-Hikmah sudah eksis di Baghdad pada masa Harun Al-Rashid di mana mahabudayawan Al-Warraq atas perintah Harun Al-Rashid memustakakan buku-buku iptek, sejarah dan filsafat dari berbagai penjuru dunia.

Rennaisance

Terlepas dari pendapat para sejawaran yang saling beda satu dengan lainnya, Bait Al-Hikmah memang memiliki peran vital dalam melestarikan serta mengembangkan pemikiran-pemikiran Persia, India dan Yunani kuno.

Pemiikiran itu kemudian secara langsung menjadi landasan pemikiran bangsa-bangsa Eropa serta Nasrani untuk menghadirkan masa kegemerlapan peradaban di Eropa yang disebut sebagai Rennaisance.

Dapat diyakini bahwa para mahatokoh Rennaisance seperti Galileo Galilei, Leonardo da Vinci, Fabonnaci, Monteverdi, Dante, Newton, Kopernikus, Shakespeare, Montaigne, Mercator, Alberti, Descrates, Palestrina, Negri, Machiavelli, Boyle, Mirandola, Magellan, Champlain, Kepler dan lain-lainnya sedikit-banyak terinspirasi oleh sukma kearifan yang terkandung di dalam Bait Al-Hikmah.

Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Prihatin Derita Para Sahabat
Jaya Suprana

Prihatin Derita Para Sahabat

06 Maret 2021 10:25
Legowo Menerima Kritik
Jaya Suprana

Legowo Menerima Kritik

05 Maret 2021 10:52
Memohon Kemanusiaan Untuk Masyarakat Adat
Jaya Suprana

Memohon Kemanusiaan Untuk Ma..

03 Maret 2021 16:44
Teka Teki Masa Corona
Jaya Suprana

Teka Teki Masa Corona

28 Februari 2021 23:16
Ujian Pertama Presisi, Polri Harus Hukum Berat Oknum Penjual Senjata Ke KKB Papua
Jaya Suprana

Ujian Pertama Presisi, Polri..

27 Februari 2021 03:21
Belajar Mikul Duwur Mendhem Jero
Jaya Suprana

Belajar Mikul Duwur Mendhem ..

26 Februari 2021 11:18
Asyik Beternak Lalat Serdadu Hitam
Jaya Suprana

Asyik Beternak Lalat Serdadu..

25 Februari 2021 09:34
Perjalanan Panjang Theorem Fermat
Jaya Suprana

Perjalanan Panjang Theorem F..

24 Februari 2021 10:47