Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Idham Azis Yakin Melalui Program PRESISI Listyo Sigit, Polri Semakin Lebih Baik

Jenderal Idham Azis didampingi Jenderal Listyo Sigit dan Irjen Argo Yuwono saat memberikan keterangan pers/Ist

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) dari Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo digelar di Ruptama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/1).

Dengan menerapkan protokol kesehatan, upacara sertijab diikuti oleh seluruh Kapolda jajaran melalui virtual.

Dalam sambutannya, Idham Azis mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua dan keluarga yang selalu memberikan doa dalam setiap menjalankan tugas, kepada para pejabat tinggi negara, Panglima TNI, KSAD, KSAL dan KSAU yang mensupport serta telah bersinergi dengan baik.

“Juga kepada Presiden RI dan Wakil Presiden RI yang telah memberikan amanah untuk memimpin Polri,” kata Idham Azis.

Dalam kesempatan itu, Jendera Idham Azis mengayampaikan keyakinannya di bawah komando Listyo Sigit Prabowo membawa transformasi Polri PRESISI akan menjadikan institusi semakin lebih baik.

“Saya yakin dan berdoa, ditangah Listyo Sigit melalui program transformasi menuju Polri yang PRESISI, institusi Polri akan jauh lebih baik lagi,” tekan Idham.

Idham lalu menekankan— seperti pepatah hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai diberikan amanah menjadi Kapolri membawa misi konsep transformasi Polri menuju PRESISI (PREdiktif, responSIbilitas, dan transparanSI berkeadilan)

Dalam menjadikan Polri sebagai lembaga Presisi terdapat empat bidang yang harus melalukan perubahan. Diantaranya adalah, transformasi organisasi, transformasi operasional, transformasi pelayanan publik, dan transformasi pengawasan.

"Keempat transformasi tersebut melahirkan serangkaian program prioritas,” tekan Sigit saat fit and proper test.

Untuk transformasi organisasi terdapat empat hal yang harus dikonsentrasikan yakni, penataan kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan SDM Polri yang unggul di era police 4.0 dan perubahan teknologi kepolisian modern (police 4.0).

Sigit memaparkan, program penataan kelembagaan diwujudkan dengan kegiatan antara lain,menguatkan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan; dan penguatan struktur organisasi Polri.

Kemudian, peogram perubahan sistem dam metode organisasi diwujudkan dengan kegiatan yakni penyempurnaan pedoman dan Standard Operasional Prosedur (SOP) kepolisian yang Presisisi berbasis data dan teknologi informasi.

"Dalam pembinaan SDM Polri, pimpinan dan organisasi tidak boleh berhenti memikirkan dan meningkatkan kesejahteraan anggota," ujar Sigit.

Kemudian, program menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 diwujudkan dengan kegiatan antara lain, peningkatan kuantitas dan kualitas SDM Polri menuju era police 4.0, peningkatan sistem manajemen karir berbasis kinerja,  perluasan kerja sama pendidikan di dalam dan luar negeri. Kemudian, pengelolaan SDM unggul yang humanis dan  peningkatan kesejahteraan pegawai Polri.

Sementara program perubahan teknologi kepolisian modern Police 4.0 diwujudkan dengan kegiatan penyatuan sistem informasi kepolisian yang terintegrasi, pemenuhan sarana dan prasarana Polri.

"Dan menjadikan Puslitbang Polri sebagai pusat riset teknologi kepolisian," tutup Sigit.
EDITOR: IDHAM ANHARI

Artikel Lainnya

Tiga Korban Tak Teridentifikasi, Polri Pastikan Hak Keluarganya Terpenuhi

Tiga Korban Tak Teridentifikas..

Selasa, 02 Maret 2021
Tim DVI Polri Tutup Proses Identifikasi, Tiga Korban Sriwijaya Air Tak Teridentifikasi

Tim DVI Polri Tutup Proses Ide..

Selasa, 02 Maret 2021
Siap Beraksi, 12 Terduga Teroris Di Jatim Keburu Ditangkap Densus 88

Siap Beraksi, 12 Terduga Teror..

Senin, 01 Maret 2021
Kampung Tangguh Jaya Mampu Jadikan Muara Angke Zero Covid-19

Kampung Tangguh Jaya Mampu Jad..

Senin, 01 Maret 2021
Perdagangan 6 Kg Sabu Di Binjai Dan Deli Serdang Digagalkan Polda Sumut

Perdagangan 6 Kg Sabu Di Binja..

Senin, 01 Maret 2021
Di Mataram, TNI-Polri Bersinergi Gelar Razia Ke Tempat Hiburan Malam

Di Mataram, TNI-Polri Bersiner..

Minggu, 28 Februari 2021
Di Polda Jatim Kini Perpanjang SIM Cukup Melalui Ponsel

Di Polda Jatim Kini Perpanjang..

Minggu, 28 Februari 2021
Polisi Sebut Tak Ada Pelanggaran Hukum Dalam Kerumunan Presiden Di Maumere

Polisi Sebut Tak Ada Pelanggar..

Sabtu, 27 Februari 2021
Kepolisian Negara Republik Indonesia