Riwayat "Happy Birthday To You"

Happy Birthday/Net

ATAS pesanan Erasmus Huis Yogyakarta, saya menggubah sebuah komposisi musik berjudul Metamorphosa Happy Birthday To You untuk merayakan Hari Kelahiran Pangeran Bernhardt dari kerajaan Belanda yang telah berbaik hati memberikan sumbangsih sebuah grand-piano kepada Erasmus Huis Yogyakarta.

Saya memperoleh kehormatan untuk mempergelar-perdanakan sebuah komposisi piano sederhana dengan awal bersuasana aleatorika-dodekafonikal kemudian evolusif metamorfosa diri ke suasana diatonikal berupa tema lagu Happy Birthday To You pada grand-piano baru Erasmus Huis Yogyakarta.

Terpopuler


Berulang kali saya menyaksikan lagu Happy Birthday To You dinyanyikan para tamu restoran di berbagai negeri dalam berbagai bahasa untuk merayakan yang sedang ber-happy-birthday-ria mulai dari Addis Ababa sampai ke Anchorage.

Bahkan beberapa rumah makan di berbagai pelosok dunia sengaja khusus menugaskan segenap pekerjanya menyanyikan lagu Happy Birthday To You  bagi para tamu yang ketahuan sedang merayakan hari kelahirannya.

Dapat diyakini Happy Birthday To You merupakan lagu paling popular sepanjang masa sebab setiap hari memang ada bahkan banyak insan manusia merayakan hari kelahirannya di planet bumi ini.

Mungkin puncak popularitas Happy Birthday To You adalah ketika mesra dinyanyikan oleh Marilyn Monroe demi mendirgahayu birthday Presiden John. F. Kennedy di Madison Square Garden, New York City pada tanggal 29 Mei 1962.

Lagu tersebut dinyanyikan oleh seluruh umat manusia di segenap pelosok planet bumi sehingga jarang yang tahu mau pun merasa perlu tahu siapa sebenarnya pencipta lagu hiper-ultra-popular itu.

Hak Cipta


Konon melodi Happy Birthday To You diciptakan oleh Mildred J. Hill dan teksnya ditulis oleh Patty Smith Hill dengan judul Good Morning To All  yang semula digunakan sebagai lagu pembukaan pembelajaran di taman kanak-kanak yang didirikan oleh keluarga besar Hill.

Tidak jelas bagaimana riwayatnya sehingga teks lagu Good Morning To All berubah menjadi Happy Birthday To You yang kemudian dipublikasikan sebagai Happy Birthday To You pada sebuah buku kumpulan lagu yang disunting lalu diterbitkan pada tahun 1924 oleh Robert H.Coleman.

Pada tahun 1934,  seorang saudari kandung Mildred dan Patty Hill bernama Jessica Hill maju ke meja hijau untuk menuntut penggunaan melodi Good Morning To You untuk Happy Birthday To You sebagai ilegal sebab tidak minta ijin kepada Mildred Hill yang mengklaim dirinya sebagai pencipta melodi sejatinya.

Kemelut proses hukum tentang hak cipta Happy Birthday To You terkait jutaan dolar Amerika Serikat berkepanjangan bertele-tele simpang-siur ke-sana-ke-mari.

Pada tahun 2016 akhirnya pengadilan Amerika Serikat memutuskan bahwa lagu Happy Birthday To You yang terbukti sudah terlanjur rame-rame didendangkan di segenap pelosok planet bumi merupakan fakta tak terbantahkan yang secara nyata membuktikan bahwa pada hakikatnya lagu Happy Birthday To You sudah menjadi hak milik umat manusia di seluruh dunia ini.

Stille Nacht, Heilige Nacht

Menarik, membandingkan nasib legalitas ,i>Happy Birthday To You dengan Stille Nacht, Heilige Nacht yang diciptakan liriknya oleh Joseph Mohr  dan melodinya oleh Frank Xaber Gruber dari desa kecil bernama Oberndorf di dekat Salzburg, Austria.

Berkat Stille Nacht, Heilige Nacht tidak pernah diseret ke pengadilan Austria mau pun Uni-Eropa apalagi Mahkamah Internasional sebagai hak-cipta Gruber dan Mohr maka pada tahun 2011 lagu Stille Nacht, Heilige Nacht dinobatkan sebagai warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO.

Kolom Komentar


Video

Langgar Aturan, Satpol PP Bongkar Lapak PKL di Boyolali

Kamis, 14 Januari 2021
Video

Batal Divaksin Pertama, Ini Penjelasan Wali Kota Semarang

Kamis, 14 Januari 2021
Video

Saat-saat HRS Dipindahkan

Kamis, 14 Januari 2021

Artikel Lainnya

Rame-rame Menyerang Ribka
Jaya Suprana

Rame-rame Menyerang Ribka

15 Januari 2021 10:27
Telaah Apimologi
Jaya Suprana

Telaah Apimologi

14 Januari 2021 07:41
Insya Allah Cepat Sembuh, Mas Dahlan Iskan
Jaya Suprana

Insya Allah Cepat Sembuh, Ma..

13 Januari 2021 07:46
Sugeng Tanggap Rasa, Pak Beethoven
Jaya Suprana

Sugeng Tanggap Rasa, Pak Bee..

12 Januari 2021 09:45
Ilusi
Jaya Suprana

Ilusi

11 Januari 2021 09:15
Kelirumulogi Komunisme
Jaya Suprana

Kelirumulogi Komunisme

09 Januari 2021 17:46
Krisis Demokrasi Amerika Serikat
Jaya Suprana

Krisis Demokrasi Amerika Ser..

08 Januari 2021 08:11
Andaikatamologi Airomologi
Jaya Suprana

Andaikatamologi Airomologi

07 Januari 2021 07:46