Farah.ID
Farah.ID

Prabowo Ingkari Janji Jemput Habib Rizieq

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-5'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
OLEH: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 10 November 2020, 15:29 WIB
Prabowo Ingkari Janji Jemput Habib Rizieq
Imam Besar FPI Habib Rizieq dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab telah resmi kembali ke tanah air pada hari ini, Selasa (10/11). Ribuan umat Islam dengan gegap gempita menyambut kedatangan sang habib.

Atas seizin Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, ribuan umat Islam menggeruduk Terminal 3 Bandara Soetta. Saking padatnya, Habib Rizieq bahkan harus berjalan kaki selama sejam untuk menuju mobil yang ditumpanginya.

Antusiasme tidak hanya terjadi di Bandara. Di markas FPI yang juga berdekatan dengan kediaman Habib Rizieq, ribuan orang sudah menanti kedatangan. Pekikan takbir dan tangis harus mewarnai kedatangan Habib Rizieq.

Namun dari ribuan orang tersebut, ada satu nama yang tidak hadir. Dia adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Ketua umum DPP Partai Gerindra itu seharusnya berada di barisan paling depan dalam menjemput Habib Rizieq. Sebab dia sendiri yang secara lantang berjanji akan menjemput sang habib.

Janji Prabowo disampaikan saat Ijtimak Ulama II. Dia berjanji jika menang pilpres akan mengembalikan Habib Rizieq ke tanah air. Prabowo bahkan sesumbar akan menjemput Habib Rizieq dengan mengirim pesawat pribadinya.

Janji itu disampaikan karena Prabowo merasa Habib Rizieq sedang difitnah dan dizalimi.

Prabowo memang kalah dalam Pilpres 2019. Tapi posisinya kini berada di pemerintahan sebagai Menteri Pertahanan. Artinya, dia seharusnya bisa ikut andil dalam penjemputan ini.  

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan bahwa Prabowo tidak ikut menjemput karena ada alasan protokol kesehatan. Di mana Kementerian Pertahanan dan Partai Gerindra sama-sama membatasi Prabowo untuk hadir di acara yang sifatnya kerumunan.

Secara prinsip, kata Habiburokhman menilai Prabowo sangat menyambut kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

Tapi alasan itu rasanya kurang menjawab. Sebab, selain tidak hadir, Prabowo juga tidak menampakkan tanda-tanda dirinya membantu kepulangan Habib Rizieq.

Tidak ada pesawat pribadi yang menjemput Habib Rizieq. Sang habib datang ke tanah air dengan mengenakan pesawat komersil bersama rombongan dan penumpang yang lain.

Pendiri FPI itu juga mengurus sendiri kepulangannya. Tidak ada bantuan dari Prabowo, baik sebagai menteri pertahanan yang mewakili pemerintah, maupun sebagai ketua umum Gerindra.

Bagaimanapun janji adalah utang yang harus dilunasi. Kini, potensi Prabowo tidak akan lagi mendapat dukungan dari loyalis Habib Rizieq sangat terbuka lebar. rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA