Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marak Kecelakaan Di Tol, Jasa Marga Gandeng Ditlantas Polda Metro Terapkan e-TLE

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/darmansyah-1'>DARMANSYAH</a>
LAPORAN: DARMANSYAH
  • Kamis, 19 September 2019, 23:46 WIB
Marak Kecelakaan Di Tol, Jasa Marga Gandeng Ditlantas Polda Metro Terapkan e-TLE
Kerjasama antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Ditlantas Polda Metro Jaya/Net
rmol news logo Maraknya kecelakaan di jalan tol membuat pihak Jasa Marga gerah. Teranyar, kecelakaan di jalan tol terjadi beberapa waktu lalu di Cipularang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Oleh karena itu, Jasa Marga menggandeng Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk mengintegrasikan sistem e-TLE. Tujuannya, agar kejadian yang merenggut nyawa tak berdosa tidak terulang kembali di ruas jalan tol.

Kerjasama antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Ditlantas Polda Metro Jaya terwujud dalam rapat tindak lanjut rencana integrasi sistem e-TLE yang dilaksanakan di kantor Pusat Jasa Marga, TMII, Jakarta Timur, Rabu (18/9/2019).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Direktur Operasi Subakti Syukur, Group Head Jasa Marga Fitri Wiyanti, Division Head Jasa Marga Reza Febriano, Tim IT Jasa Marga, Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Agus Made, Kasi STNK Kompol Arif Fazlurrahman selaku koordinator pelaksana, AKP Marthyn, AKP Riko Fermi, AKP Bambang Krisnadi dan Ipda Hari Santoso.

Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Agus Made mengatakan, pengembangan sistem e-TLE perlu dilakukan guna mendukung program road safety atau safer road.

“Fenomena kecelakaan di tol Cipularang, Purbaleunyi dan Jagorawi menjadi pelajaran berharga buat kita. Mari kita sudahi kejadian miris ini dengan melakukan evaluasi faktor keselamatan di jalan tol dan pengembangan sistem e-TLE, maka kolaborasi ini harus kita lakukan,” kata Agus kepada wartawan di Mapolda Metro, Kamis (19/9).

Di kesempatan yang sama, Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, kamera yang dimiliki oleh Jasa Marga mirip dengan kamera e-TLE di ruas jalan Sudirman-Thamrin.

“Kamera yang mereka miliki mereknya sama, hanya fiturnya saja yang perlu dikembangkan atau di update. Nah untuk untuk launching integrasi ini akan segera dilakukan yaitu tanggal 3 Oktober 2019,” ujar Arif.

Arif mengungkapkan, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Jasamarga sudah mendapat approval dari level pimpinan di Jasam Marga.

“Tinggal dilanjutkan dengan koordinasi dan instalasi perangkat di tataran tim teknis,” tutur mantan Kapolsek Kelapa Gading itu.

Sementara itu, ahli IT e-TLE Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Marthyn menyampaikan jika update teknis terkait penyiapan perangkat, jaringan dan sistem integrasi e-TLE sudah siap diujicobakan.

“Secara teknis sudah siap, tinggal menunggu petunjuk dari tataran pimpinan Jasam Marga,” jelas Marthyn.

Direktur Operasi Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan jika pihaknya telah lama menantikan integrasi sistem e-TLE tersebut.

“Sudah lama ditunggu-tunggu, intinya kami mendukung dan siap support rencana kolaborasi ini,” pungkas Subakti.

Untuk diketahui, fitur-fitur yang dibutuhkan untuk penindakan hukum secara e-TLE dengan kamera Jasa Marga akan diupayakan untuk difungsikan keseluruhan, termasuk rencana penerapan penindakan pelanggaran Over Dimension dan Overload dengan menggunakan sistem Weigh in Motion yang akan diujicobakan di tol Cakung.

Sehingga harapan kedepan kamera Jasa Marga juga dapat berfungsi untuk melakukan penindakan pelanggaran over speed, handphone, dan safety belt seperti kamera check point e-TLE saat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA