Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kazan

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Minggu, 18 Agustus 2019, 08:10 WIB
Kazan
Suasana di salah satu sudut Kota Kazan, Rusia/Net
MOSKOW merupakan ibukota merangkap destinasi wisata utama Rusia. Disusul  Petersburg. Namun bagi para wisatawan pemerhati kebudayaan khususnya Islam, kini ada destinasi ke tiga yang hukumnya wajib dikunjungi  yaitu Kazan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tatarstan

Kazan adalah ibukota republik Tatarstan sebagai negara bagian Rusia yang didirikan oleh suku Mongol Tatar.

Setelah disintegrasi Golden Horde  pada abad XV, Kazan menjadi ibukota sebuah khanat merdeka di sebuah pulau di tengah sungai Wolga. Pada tahun 1552, Tsar Ivan IV Sang Bengis menaklukkan Kazan menjadi bagian dari kekaisaran Rusia.

Setelah dibumihanguskan pada huruhara 1773-74, Ratu Katarina II Akbar membangun kembali kota Kazan untuk menjadi pusat industri manufaktural seperti sabun, sepatu, kerajinan kulit, tekstil, makanan, sampai pengolahan minyak bumi serta produk kimia dan elektronik.

Kazan juga menjadi pusat kebudayaan dan pendidikan dengan Universitas Negeri Kazan yang sempat mendidik tidak kurang para tokoh nasional Rusia seperti Tolstoy, Balakirev dan Lenin.

Islam

Ibnu Fadian dari Bagdad membawa Islam pertama kali masuk ke Kazan pada tahun 922. Kekhanatan Kazan pada tahun 1430 memproklamirkan diri sebagai negara merdeka dengan Islam sebagai agama utama. 

Di masa kepemimpinan Vladimir Putin pada tahun 1990 di Tatarstan hanya ada 100 masjid namun berkembang menjadi 1.000 masjid pada tahun 2004. Pada tahun 2010, Idul Fitri dirayakan sebagai hari raya nasional republik Tatarstan.

Kazan menyelenggarakan Muslim Film Festival dengan peserta dari 28 negara Islam.  Sebuah pabrik makanan halal didirikan di Kazan sama halnya dengan The Russian Islamic University, pabrik makanan halal serta sistem perbankan syariah pertama di Rusia diterapkan di Kazan.

Institut Islam Rusia menyelenggarakan Kompetisi Baca Quran dan Adzan tingkat internasional di Kazan. Vladimir Putin menjadikan Kazan sebagai bukti semangat kerukunan umat beragama di persada Rusia masa kini.

Kemanusiaan

Para pemerhati kerukunan umat beragama dapat mengunjungi Kuil Universal atau Kuil 16 Agama prakarsa seniman dan filantropis Ildar Khanov di mikrodistrik Staroye Arakchino, Kazan sejak tahun 1992.

Kawasan Kuil Universal memiliki bangunan-bangunan dengan arsitektur Islam, Nasrani, Judaisme, Hindu, Buddha, Zoroaster dan lain-lain agama sebagai ikhtiar mengekspresikan semangat kerukunan antar umat beragama yang sepakat dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sebagai landasan perdamaian umat manusia di alam semesta. rmol news logo article

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA