Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

St Basil, Al Fuqran, An Nurumi

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Selasa, 06 Agustus 2019, 11:08 WIB
St Basil, Al Fuqran, An Nurumi
Mesjid An Nurumi di Sleman, DIY yang mirip dengan St Basil di Moskow/Net
APABILA ada kuis pertanyaan mengenai foto terpampang di atas naskah ini apakah foto Katedral St Basil di Kremlin lalu Anda menjawab “Ya!” maka Anda keliru, seperti mayoritas penjawab lainnya termasuk saya. Untuk mengetahui jawaban yang benar, silakan cermat menyimak naskah sederhana ini.

Kremlin

Khalayak ramai kaprah menyebut bangunan kolosal monumental di Lapangan Merah sebagai Kremlin. Istilah yang benar dan lengkap seharusnya adalah Kremlin Moskow.

Kremlin berasal dari bahasa Rusia, kremnik. Sebutan bagi suatu kawasan yang dikelilingi benteng pada abad pertengahan. Beberapa Kremlin dibangun bukan hanya di Moskow tetapi juga di Pskov, Novgorod, Smolensk, Rostov, Suzdal, Yaroslav, Vladimir dan Niszhny Noscogorov. Sebuah Kremlin lazim di dalamnya terdapat istana untuk para pangeran dan uskup, kantor kepemerintahan, markas tantara, juga gudang amunisi.

St Basil

Di hadapan Kremlin Moskow terbentang Lapangan Merah alias Krasnaya Ploshchad. Di sisi seberang hadir mal raksasa Gum serta di sisi lain: Katedral Santo Basil dengan kubah khas berbentuk bawang dengan tata warna semarak beranekaragam seperti permen lolipop.

Katedral St.Basil di Moskow yang dibangun pada 1555 oleh Ivan The Teribble ketika merayakan penaklukkan Kazan dan Astrakan, merupakan destinasi wisata kaliber wajib sebagai latar belakang selfie untuk membuktikan bahwa Anda memang pernah berkunjung ke Moskow.

Al Fuqran dan An Nurumi

Sebenarnya kita tidak perlu jauh-jauh terbang ke Moskow apabila ingin melihat bangunan religius dengan kubah berbentuk bawang bertata warna-warni bak permen lolipop. Di kawasan Bandara Soekarno Hatta, hadir sebuah masjid dengan kubah tidak kalah indah berwarna-warni ketimbang Katedral St. Basil di Kremlin Moskow yaitu masjid Al Fuqran.

Masjid Al Fuqran merupakan bangunan dua lantai dikelilingi taman bunga indah. Masjid Al Fuqran di Cengkareng juga memiliki empat buah menara dengan kubah warna-warni seperti Katedral St.Basil di Lapangan Merah, Moskow.

Di desa Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta hadir Masjid An Nurumi yang juga memiliki kubah berwarna-warni. Bentuk yang menarik serta tata warna yang mencolok membuat masjid An Nurumi mudah dikenali. Masjid ini didirikan pada 2005 dan penggunaannya diresmikan langsung oleh Sultan Hamengkubuwono X.

Maka jawaban yang benar atas pertanyaan tentang foto terpajang di atas naskah ini memang bukan Katedral St. Basil di Krasnaya Ploshchad, Moskow. Namun Masjid An Nurumi di Candisari, Sleman, Yogyakarta. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar kebudayaan dunia.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA