Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Festival Bedhayan 2019

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Sabtu, 22 Juni 2019, 06:26 WIB
Festival Bedhayan 2019
Tari Bedhayan/Net
ANDAIKATA pada akhir minggu ini kebetulan tidak sedang sibuk dengan berbagai kegiatan, sebaiknya Anda berkenan sejenak meluangkan waktu untuk menghadiri dan menyaksikan pergelaran Festival Bedhayan 2019 di Gedung Kesenian Jakarta pada hari Sabtu, 22 Juni 2019 mulai pk 15.00 waktu Indonesia Barat.

Festival Bedhayan

Laskar Indonesia Pusaka dan Yayasan Swargaloka didukung Dirjen Kebudayaan Dr. Hilmar Farid dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Festival Bedhayan 2019.

Didirikan oleh Jaya Suprana bersama Aylawati Sarwono, Laskar Indonesia Pusaka merupakan wadah pembinaan bakat-bakat terkemuka seni panggung Nusantara untuk tampil di panggung mancanegara seperti Esplanade Singapura, Sydney Opera House, UNESCO Paris, Carnegie Hall New York.

Sebagai cabang dari Jaya Suprana School of Performing Arts, komunitas seniman ini merambah lebih dalam ke seni panggung tradisi Indonesia demi mengajak generasi milenial mengapresiasi karya bangsa.

Yayasan Swargaloka didirikan Suryandoro dan Dewi Sulastri. Sejak 2018 Yayasan Swargaloka bekerja sama dengan Laskar Indonesia Pusaka menyelenggarakan Festival Bedhayan bertujuan melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional, mempopulerkan mahakarya agung kebudayaan bangsa Indonesia, menanamkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, serta membangun karakter bangsa.

Sebagai penerima anugrah MURI, Festival Bedhayan juga berupaya memperkenalkan pusaka kerajaan Jawa jaman dahulu kepada masyarakat masa kini terutama generasi penerus perjuangan kebudayaan Nusantara.

Kreatif Inovatif

Tari Bedhaya adalah tarian sakral dari Keraton Surakarta dan Yogyakarta yang saat ini secara kreatif inovatif sudah dikembangkan agar dapat dinikmati khalayak umum dan diubah nama menjadi Bedhayan.

Untuk tetap mempertahankan nilai-nilai sakral yang ada, Festival Bedhayan 2019 juga menghadirkan beberapa pakar tari bedhayan, seperti GKR. Ayu Wandansari Koes Murtiyah, KP Sulistyo Tirtokusumo dan Wahyu Santoso Prabowo. S.Kar.M.S.

Festival Bedhayan 2019 yang turut didukung oleh Jamu Jago, BCA, Sinarmas, dan Bakti Budaya Djarum Foundation mengajak hadirin untuk merasakan pengalaman di keraton dalam semalam, berinteraksi langsung dengan para penari dari ansambel Arkamaya Sukma, Gending Enem 1 dan 2, Hayuwerdhi, Nur Sekar Kinanti, Puspo Budoyo, Panji Wiratama, Smile Motivator, Swargaloka, Wulangreh Omah Budaya, dan Jaya Suprana School of Performing Arts serta menyantap hidangan adhiboga khas Solo.

Festival Bedhayan 2019 diselenggarakan pada tanggal 22 Juni 2019, pukul 15.00 WIB, di Gedung Kesenian Jakarta, Jl. Gedung Kesenian No.1, Pasar Baru-Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Informasi lebih lanjut mengenai Festival Bedhayan 2019 dapat menghubungi sekretariat Jaya Suprana School of Performing Arts : Telp. 021 4586 8303/ WA. 0857 1006 3359 dengan Dara atau Devy. rmol news logo article

Penulis bersama Aylawati Sarwono mendirikan Jaya Suprana School of Performing Arts dan Laskar Indonesia Pusaka.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA