Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejuk Dan Cemas

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Rabu, 22 Mei 2019, 07:43 WIB
Sejuk Dan Cemas
Jaya Suprana/Net
KANTOR Berita Politik RMOL memberitakan bahwa Pemprov DKI Jakarta ikut mengantisipasi gerakan massa pada tanggal 22 Mei 2019 di kawasan Bawaslu, Jl.
Thamrin Jakarta Pusat.

Hal itu tertuang dalam surat edaran Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti kepada seluruh direktur rumah sakit di wilayah DKI Jakarta yang dikutip Kantor Berita Politik  RMOL Jakarta pada Minggu (19/5).
Dalam surat bernomor 52/SE/2019 yang dikeluarkan Dinkes DKI Jakarta pada Kamis (17/5) itu, Pemprov DKI Jakarta meminta rumah sakit di seluruh wilayah Jakarta untuk bersiap menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi.

Surat Edaran

Isi surat edaran Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti adalah sebagai berikut: 1. Mempersiapkan setiap rumah sakit untuk menerima pasien rujukan terkait kegiatan tersebut di atas; 2. Pembiayaan pasien dengan skema pembiayaan BPJS Kesehatan, bila tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan dapat ditagihkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta; 3. Setiap rumah sakit membuat laporan kegiatan secara online dan manual.

Kesan Ganda

Surat edaran tersebut di satu sisi menyejukkan sekaligus di sisi lain mencemaskan. Di satu sisi terasa sejuk karena Dinas Kesehatan DKI Jakarta memiliki kepekaan sosial dan kemanusiaan yang siap secara profesional pelayanan kesehatan menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk dampak suatu gerakan massa.

Namun di sisi lain terasa cemas karena surat edaran tersebut menyadarkan kita semua bahwa pada hakikatnya gerakan massa mengandung risiko dampak buruk
berupa korban luka maupun nyawa manusia yang jelas tidak diinginkan pihak mana pun juga. Pada saat saya menulis naskah ini, polisi sudah terpaksa menggunakan gas air mata demi membubarkan massa di kawasan belakang gedung Bawaslu.

Doa

Terlepas dari kesan sejuk dan/atau cemas, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Kesehatan DKI
Jakarta atas antisipasi terhadap dampak gerakan massa pada tanggal 22 Mei 2019 bahkan menyediakan fasilitas perawatan secara gratis yang berarti selaras dengan sila Kemanusiaan Adil dan Beradab.

Dengan penuh kerendahan hati saya memanjatkan doa, memohon perkenan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi bangsa, negara dan rakyat Indonesia yang saya cintai dan hormati agar terbebas dari ancaman marabahaya yang tidak diinginkan siapa pun juga yang cinta Indonesia. AMIN. rmol news logo article

Penulis adalah rakyat Indonesia cinta Indonesia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA